Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Karyawan Apple Serukan 4 Tuntutan Terkait Pola Kerja 3-2

Dalam sepekan, karyawan Apple diharuskan bekerja dari kantor tiga hari dan dua hari kerja dari rumah atau lokasi lain.

Namun, rencana pola kerja "3-2" tersebut mendapat protes dari karyawan Apple yang bermarkas di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Mereka yang protes menyebut bahwa Apple tidak memberikan ruang yang cukup fleksibel bagi karyawannya untuk kerja dari jarak jauh.

Dari laporan The Verge, terdapat sebuah memo yang beredar secara internal. Memo tersebut berisi unek-unek karyawan bahwa mereka "bukan hanya tidak didengar, tapi sering juga diabaikan" ketika membahas soal bekerja langsung di kantor dan dari jarak jauh.

Mereka menyebut Apple seakan meremehkan perasaan para karyawannya yang sebetulnya kontradiktif dengan yang diumbar bos-bos Apple. Pesan yang dimaksud, seperti "kami tahu bahwa Anda ingin kembali terhubung dengan rekan-rekan di kantor", yang sebenarnya asumsi itu justru sebaliknya.

"Tidak hanya banyak dari kami yang merasa terhubung dengan baik dengan rekan-rekan dari seluruh dunia, tapi sekarang terhubung lebih baik dari sebelumnya. Kami ingin bekerja seperti sekarang (jarak jauh), tanpa perlu setiap hari berkantor," tulis karyawan Apple dalam memo tersebut.

Isi memo itu juga menyebut ada beberapa karyawan yang berhenti karena merasa kebijakan kerja di Apple kurang fleksibel.

"Kebijakan kerja fleksibel atau dari jarak jauh yang diterapkan Apple, dan komunikasi seputar hal tersebut, telah memaksa beberapa rekan kami keluar," begitu cuplikan isi memo yang tersebar.

"Tanpa adanya inklusivitas dan fleksibilitas yang dibawa, beberapa di antara kami merasa bahwa kami harus memilih antara keluarga kami, kesejahteraan kami, dorongan untuk melakukan pekerjaan terbaik, atau menjadi bagian dari Apple," lanjut penggalan memo yang dialamatkan langsung untuk Tim Cook itu.

Mereka merasa ada sesuatu yang kurang selaras antara bagaimana para petinggi Apple berpikir tentang kerja dari rumah dan pengalaman langsung yang dirasakan karyawannya.

Laporan The Verge menyebut, ada sekitar 80-an orang yang terlibat dalam diskusi memo tersebut di Slack. Selain berisi protes, memo itu juga merinci sejumlah permintaan karyawan Apple.

Pertama, mereka meminta agar Apple mempertimbangkan kembali keputusan untuk bekerja dari jarak jauh dan lokasi yang fleksibel sebagai keputusan otonom bagi tim, sebagaimana keputusan perekrutan.

Kedua, mereka meminta diadakan survei singkat untuk seluruh karyawan Apple dengan proses komunikasi atau umpan balik yang terstruktur dengan jelas dan transparan di tingkat perusahaan, tingkat organisasi, dan tingkat tim, yang mencakup beberapa topik.

Ketiga, mereka meminta pertanyaan tentang "churn" karyawan (jumlah karyawan yang keluar-masuk dalam jangka waktu tertentu) karena bekerja dari rumah dan adanya "exit interview" atau wawancara yang biasanya diajukan HRD mengapa karyawannya mengajukan pengunduran diri.

Mereka juga meminta adanya transparansi dan kejelasan untuk rencana akomodasi bagi para pekerja difabel untuk bekerja di lokasi, luar lokasi, jarak jauh, hybrid, atau lokasi yang fleksibel.

Terakhir, mereka meminta pandangan Apple tentang dampak lingkungan ketika karyawan kembali bekerja ke kantor dan bagaimana opsi bekerja secara fleksibel dari jarak jauh secara permanen bisa mengimbangi dampak tersebut.

Untuk diketahui, Apple mulai memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah sejak awal pandemi Covid-19, sebagaimana banyak perusahaan lain di seluruh dunia.

Ketika pandemi mulai sedikit terkendali setelah vaksinasi berjalan, Apple mengumumkan agar karyawannya kembali bekerja di kantor seperti sedia kala dengan skema hybrid.

Karyawan diminta datang ke kantor setiap hari Senin, Selasa, dan Kamis. Sisanya, yakni Rabu dan Jumat bisa mereka gunakan untuk bekerja dari jarak jauh.

Beberapa tim akan diminta secara khusus untuk kembali ke kantor selama 4-5 hari dalam seminggu. Dirangkum dari The Verge, petinggi Apple belum memberi tanggapan terkait memo tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/07/13030027/karyawan-apple-serukan-4-tuntutan-terkait-pola-kerja-3-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke