Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Twitch, Amazon, hingga Reddit Sempat Tak Bisa Diakses

Pantauan KompasTekno di DownDetector, situs-situs dan layanan online tersebut mulai banyak dilaporkan mengalami gangguan mulai sekitar pukul 16.30 WIB. Keluhan memuncak sekitar pukul 17.00 WIB.

KompasTekno sempat tidak bisa membuka situs Twitch, Quora, dan Reddit. Tampilan laman tidak bisa dimuat dan hanya menampilkan pesan singkat berbunyi "connection failure" atau "Error 503 Service Unavailable".

Keluhan down di DownDetector berangsur menurun setelah pukul 17.00 WIB. Kini ssebagian dari situs-situs tadi sudah bisa diakses kembali.

Penyebab dari gangguan ini diketahui berasal dari pemadaman pada layanan content delivery network (CDN) milik penyedia layanan cloud yang berbasis di AS, Fastly.

CDN merupakan jaringan distribusi yang berfungsi untuk menyimpan cache data website di server regional sehingga bisa diakses dengan lebih cepat.

Namun, karena adanya pemadaman, Fastly tak bisa dalam menyediakan layanan kepada para kliennya. Hal ini mengakibatkan tumbangnya sejumlah situs yang mengandalkan layanan Fastly.

Dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (8/6/2021), meski relatif tak lama, gangguan interent kali ini terjadi secara global dan berdampak luas. Bahkan situs web pemerintah Inggris juga sempat terganggu. 

Di situsnya, Fastly mengakui bahwa memang terjadi gangguan yang berlangsung selama lebih kurang 45 menit sebelum akhirnya berhasil diperbaiki.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/08/18310057/twitch-amazon-hingga-reddit-sempat-tak-bisa-diakses

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke