Salin Artikel

Kebocoran Data Terbesar Bikin 8,4 Miliar Password Terekspos

Berkas berjenis dokumen teks TXT itu berukuran fantastis, sebesar 100 GB. Jumlah kata sandi di dalamnya pun luar biasa, mencapai 8,4 miliar.

File tersebut dinamai sebagai "RockYou2021", mengacu pada peretasan RockYou pada 2009 yang berakibat pada bocornya password 32 juta pengguna aplikasi sosial tersebut.

Karena ukurannya yang sangat besar, RockYou2021 disinyalir merupakan hasil kompilasi dari beragam kebocoran data yang pernah terjadi.

Pengunggahnya mengklaim bahwa file tersebut memuat 82 miliar kata kunci. Namun, setelah membedahnya sendiri, situs CyberNews menemukan bahwa jumlahnya ternyata hanya sepersepuluhnya, tepatnya sebanyak 8.459.060.239 entry unik.

Miliaran password itu panjangnya bervariasi antara 6 hingga 20 karakter. Semua karakter non-ASCII berikut spasi telah dihapus.

Sebelumnya, Compilation of Many Breaches alias COMB diketahui sebagai kompilasi terbesar yang mengumpulkan sebanyak 3,2 miliar alamat e-mail dan password dari kebocoran-kebocoran data.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Kamis (10/6/2021), seluruh isi COMB juga termuat di dalam RockYou2021.

Pengguna internet dapat memeriksa apakah kata kuncinya terdampak oleh bocoran ini dengan memakai sejumlah layanan online yang tersedia, seperti HaveIBeenPwned. 

CyberNews juga menyediakan tool untuk mengecek apakah sebuah password pernah dibocorkan, yang bisa diakses di tautan berikut. Sementara, kebocoran alamat e-mail bisa dicek di link ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/10/12110067/kebocoran-data-terbesar-bikin-8-4-miliar-password-terekspos

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.