Salin Artikel

Layanan Google Workspace Digratiskan, Fitur Eksklusif Ini Bisa Dipakai Semua Pengguna

Google Workspace mencakup sejumlah aplikasi besutan Google, seperti Gmail, Calendar, Drive, Docs, Sheets, Slides, Spreadsheet, dan Meet.

Deretan aplikasi tersebut sebenarnya juga sudah tersedia bagi pengguna gratisan. Bedanya, semua aplikasi yang ada di Google Workspace lebih terintegrasi dan terdapat fitur tambahan untuk mempermudah pengguna bekerja dengan kolega.

Contoh integrasi di sini adalah layanan Google Chat, Meets, dan Room yang dapat langsung diakses di menu Gmail.

Menurut Google, hal tersebut adalah upaya untuk meningkatkan efisiensi waktu pengguna.

"Efisiensi adalah segalanya. Kami berupaya untuk menambahkan fitur bermanfaat yang mempermudah penyelesaian pekerjaan terpenting Anda," tulis Google di halaman resminya.

Contoh lain adalah adanya fitur mention dalam aplikasi dokumen Google Workspace. Jika pengguna me-mention orang lain, informasi orang tersebut akan muncul saat kursor diarahkan ke nama tersebut.

Bentuk integrasi lainnya adalah pada fitur preview dokumen. Sebelumnya pengguna harus membuka atau mengunduh sebuah dokumen dari Docs, Sheets, dan Slides.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Google, dengan Workspace, pengguna dapat melihat isi dokumen tersebut hanya dengan preview, tanpa harus membuka tab baru.

Awalnya, Google Workspace hanya diperuntukkan pengguna berbayar. Namun kini, layanan tersebut dapat digunakan oleh semua pengguna akun Google secara cuma-cuma. Dengan demikian pengguna bisa menikmati fitur dan kemudahan dari "integrasi" tersebut.

"Dengan menghadirkan Google Workspace kepada semua orang, kami memudahkan orang-orang agar dapat tetap terhubung, terkelola, dan mencapai lebih banyak hal bersama," ungkap pihak Google dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (15/6/2021).

Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah Chat. Pada April lalu, Google mengintegrasikan fitur Google Meet, serta memberikan early access fitur Chat dan Rooms pada aplikasi Gmail untuk pengguna gratisan.

Tiga layanan Google itu sedianya berguna untuk menunjang komunikasi dan kolaborasi dengan pengguna Google lainnya.

Kini ketiganya sudah terintegrasi dan bisa dinikmati oleh seluruh pengguna akun Google gratisan di Gmail versi web maupun aplikasi.

Fitur Chat dan Rooms sendiri memungkinkan pengguna Gmail untuk mengobrol dengan kolega, memberikan penugasan, hingga membuat reminder di Google Calendar di dalam grup secara langsung.

Tak hanya itu, di fitur Chat dan Rooms ini juga memungkinkan pengguna untuk berbagi file dalam berbagai format. Mulai dari docx, pdf, png, hingga dokumen dari layanan Google Workspace seperti docs, spreadsheet, slides, form, dan sebagainya.

Menariknya, ketika pengguna membagikan tautan dokumen Google Workspace tadi, pengguna bisa mengaksesnya langsung dari fitur Chat di Gmail versi web, tanpa perlu keluar dari Gmail.

Menurut pantauan KompasTekno, pengguna juga bisa mengakses sekaligus menyunting (edit) file Google Workspace tadi langsung dari Chat Gmail.

Untuk Gmail versi web, pengguna bisa mendapatkan fitur Chat dan Rooms di Gmail web dengan mengaktifkannya di "settings" > "see all settings" > "Chat and Meet". Lalu di bagian pengaturan "chat", ubah pilihan dari "Classics Hangouts" menjadi "Google Chat".

Untuk Gmail versi aplikasi, pengguna tinggal pergi ke "setting" > klik akun gmail yang diinginkan > "general" > centang opsi "Chat".

Direktur Senior Produk Google, Sanaz Ahari mengungkapkan ide dasar dari integrasi Chat dan Room di Gmail ini ialah untuk mendukung kebutuhan akan komunikasi yang terintegrasi.

Ahari mencontohkan, bila pengguna menerima e-mail di Gmail, dan ingin lanjut membahas obrolan dalam e-mail itu secara langsung (real-time) dalam grup, pengguna bisa langsung beralih ke fitur Chat dan Rooms.

Bila dari obrolan grup itu perlu diadakan rapat, pengguna bisa langsung melangsungkan rapat melalui Google Meet, yang juga sudah terintegrasi dengan Gmail.

Google juga mengumumkan akan mengubah nama "Rooms" menjadi "Spaces". Pada dasarnya "Spaces" juga memiliki peran yang sama dengan "Rooms".

Namun, Google menjanjikan akan menghadirkan lebih banyak emoji, alat moderasi, dan meningkatkan kemampuan perpesanan melalui "Spaces", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (15/6/2021).

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/15/16010027/layanan-google-workspace-digratiskan-fitur-eksklusif-ini-bisa-dipakai-semua

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.