Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hitung Mundur Kapan TV Analog Dihentikan Bisa Dilihat di Situs Ini

Penghentian TV analog akan dilakukan dalam lima tahap, sesuai wilayah layanan siaran televisi yang akan dimulai pada 17 Agustus 2021 hingga tahap terakhir pada 2 November 2022.

Itu artinya, jika tidak ada perubahan rencana, mulai tanggal 2 November 2022 siaran TV analog secara nasional akan dihentikan.

Masyarakat yang bingung kapan TV analog dihentikan secara nasional, bisa melihat hitung mundur penghentian TV analog melalui situs berikut ini.

Hitung mundur penghentian TV analog berada di sisi kanan layar dengan format desktop miniplayer. Di situs tersebut juga tercantum lima tahap dan cakupan wilayah penghentian siaran TV analog.

Tahap pertama akan dilakukan paling lambat mulai 17 Agustus 2021 yang mencakup beberapa wilayah, seperti Aceh, Banten, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Sehingga, mulai 17 Agustus nanti, pengguna TV analog di wilayah-wilayah tersebut tidak bisa lagi menikmati siaran tv analog dan harus beralih ke televisi digital. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk bermigrasi dari tv analog ke tv digital.

Pertama, menggunakan set top box (STB) DVBT2. STB merupakan alat untuk mengoversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa.

Jika menggunakan STB, masyarakat tidak perlu mengganti TV analog mereka yang sudah dimiliki. Cukup mengganti antena analog ke digital. Sebab, STB hanya berfungsi sebagai pengubah sinyal dari digital ke analog.

Sementara sinyal digital tersebut masih harus ditangkap menggunakan antena digital. Cara kedua adalah dengan mengganti televisi analog ke digital sepenuhnya.

Sejatinya, kedua televisi itu tidak tampak berbeda. Jadi, pastikan dulu sebelum membeli, apakan benar televisi tersebut mendukung antena digital atau tidak.

Apabila lebih memilih beralih ke televisi digital, pengguna tidak perlu menggunakan STB. Akan tetapi tetap harus menggunakan antena digital.

Dasar hukum

ASO diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) Kominfo Nomor 6 Tahun 2021 tetang Penyelenggaraan Siaran.

Menurut Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi, tujuan utama ASO adalah untuk mendorong masyarakat beralih dari TV analog ke TV digital.

Dedy mengatakan saat ini pemerintah sedang melakukan penataan frekuensi antara siaran analog yang masih berjalan dengan siaran digital yang perlahan diperkenalkan.

Meski dilakukan secara bertahap, penghentian siaran analog di daerah yang sudah ditentukan harus dilaksanakan secara serentak oleh semua stasiun televisi di daerah tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/15/16310087/hitung-mundur-kapan-tv-analog-dihentikan-bisa-dilihat-di-situs-ini

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.