Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobile Legends Rombak Mekanisme Item "Jungler" dan "Roamer", Ini Bedanya Dulu dengan Sekarang

KOMPAS.com - Pembaruan (update) Mobile Legends "Project Next" pada September 2020 lalu dihujani berbagai keluhan karena Moonton hanya mengizinkan item jungler dibeli oleh pemain yang memakai kemampuan bertarung (battle spell) "Retribution".

Kini, di update Project Next fase kedua (patch versi 1.5.88) yang baru saja digelotorkan Moonton, keluhan kembali mengemuka.

Paslnya, di beberapa posting Instagram dan Facebook akun resmi Mobile Legends, banyak pengguna yang merasa kesulitan mencerna update teranyar ini, terutama mekanisme item jungler dan roamer yang dirombak.

Wajar saja karena pada pembaruan tersebut, item jungle dan roamer dihilangkan dan digabung dengan item sepatu (footwear).

Sebelumnya, item jungler (Hunter's Knife, Nimble Blade, Curse Sword, Pillager Axe, Star Shard, Beast Killer, Raptor Machete) dan roamer (Wooden Mask, Iron Mask, Shadow Mask, Courage Mask, Awe Mask) bisa dibeli secara terpisah.

Karena terpisah, maka item jungler/roamer dan footwear memakan dua slot equipment, alih-alih satu seperti pembaruan sekarang.  Lantas, bagaimana sebenarnya mekanisme item jungler/roamer di Mobile Legends versi terbaru ini?

Sederhananya, item sepatu di Mobile Legends versi 1.5.88 kini diperkuat atau mendapatkan "Blessing" berupa kemampuan jungler alias Retribution.

Penggabungan item jungler roamerdan  ini sebenarnya menghadirkan keuntungan bagi hero dengan peran tersebut, yaitu mereka bisa membeli item lebih banyak. Selain itu, harga yang harus dibayar juga lebih murah dibanding biasanya.

Namun, yang membuat pemain bingung tampaknya adalah menu "Jungle" yang kini berada tepat di bawah menu "Movement" di tampilan "Shop", sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Nah, untuk membeli item jungler seperti sebelumnya, pemain bisa dengan mudah memilih jenis Retribution apa yang mereka inginkan di menu "Jungle".

Pilihannya mencakup "Ice Retribution" untuk hero berbasis magic, "Flame Retribution" untuk hero jenis physical attack, dan "Bloody Retribution" untuk hero yang memiliki kemampuan seimbang antara attack, magic, dan defense.

Usai memilih, mereka cukup menekan tombol "Buy Footwear & Bless" dan memilih jenis sepatunya di menu induk "Movement".

Menariknya, pemain bisa mengganti jenis Retribution sesuka hati tanpa harus membeli item jungler berbeda seperti versi sebelumnya. Syaratnya adalah Retribution pemain harus berada di level 1.

Adapun level Retribution bisa ditingkatkan ke level 2 setelah membunuh 5 monster jungle. Setelah itu, jenis Retribution tidak bisa diganti kecuali pemain menjual sepatunya.

Hero dengan peran roamer sendiri kini bisa memilih satu sepatu yang mendapatkan Blessing roam, alih-alih item roaming terpisah, untuk mempermudah mereka berkeliling membantu teman-temannya yang sedang kesulitan.

Ada empat skill roam yang bisa dipilih roamer untuk memperkuat sepatunya, yaitu Conceal untuk berkamuflase, Encourage untuk memberikan bonus stats ke teman satu tim, Favor untuk regenerasi hit points (HP), dan Dire Hit untuk memberikan damage ekstra.

Keempat skill tersebut bisa ditemukan di menu "Roam" yang berada di bawah menu "Movement" pada tampilan "Shop".

Setelah memilih Blessing, pemain lantas bisa membeli sepatu yang mereka inginkan di menu induk "Movement".

Sama seperti Blessing Jungle, Blessing Roam juga bisa digonta-ganti jenisnya, asalkan masih level 1.

Pemain bisa meningkatkan skill roam ke level 2 apabila telah mengumpulkan uang sebanyak 600 gold. Setelah itu, skill roam tidak bisa diganti kecuali pemain menjual sepatunya.

Perlu dicatat, pemain hanya bisa memiliki satu sepatu yang sudah mendapatkan Blessing. Artinya, pemain tidak bisa menggunakan sepatu jungler bersamaan dengan sepatu roam.

Selain itu, pemain yang menggunakan sepatu biasa, bukan jungler atau roamer, juga tidak bisa membeli sepatu khusus kedua peran tadi, begitu juga sebaliknya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/16/14554877/mobile-legends-rombak-mekanisme-item-jungler-dan-roamer-ini-bedanya-dulu-dengan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke