Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Realme 8 5G Diklaim Sudah Bisa Pakai 5G Telkomsel Tanpa "Unlock"

Hal ini disampaikan oleh Public Relations Realme Indonesia, Krisva Angnieszca dalam sesi tanya jawab Zoom yang dibuka usai ponsel 5G teranyar Realme ini diluncurkan.

"Kami sudah melakukan testing dengan provider yang memang sudah menyediakan 5G (Telkomsel) di lokasi yang sudah ada (sinyal) 5G," kata Krisva kepada awak media.

Krisva memastikan Realme 8 5G sudah bisa tersambung 5G karena memang dari band-nya itu sendiri ponsel ini mendukung n40.

Seperti diketahui, Telkomsel sendiri sudah mengkomersialisasikan layanan 5G di spektrum 2.300 MHz alias n40, sehingga ponsel terbaru Realme ini bisa dipakai untuk berselancar menggunakan jaringan tersebut.

Namun, perlu dicatat, salah satu syarat untuk menikmati layanan 5G Telkomsel tahap awal ini adalah nomor ponsel yang digunakan sudah terdaftar sebagai pengguna 5G dari operator seluler "pelat merah" tersebut.

Dengan kata lain, apabila nomor ponselnya belum terdaftar, maka Realme 8 5G bisa dibilang hanya akan mendapatkan sinyal 5G saja dan belum bisa memanfaatkan layanan atau kecepatan 5G Telkomsel.

Terlepas dari itu, Realme 8 5G sendiri, lanjut Krisva, memiliki fitur 5G DSDS (dual-SIM, dual-standby) dan mendukung teknologi 5G SA/NSA di spektrum n1, n3, n5, n7, n8, n20, n28, n38, n40, n41, n77, dan n78.

Artinya, Realme 8 5G juga nantinya bakal mendukung spektrum 5G yang diusung operator Indosat Ooredoo di 1.800 MHz (n3).

Untuk saat ini, Krisva menjelaskan bahwa pihaknya tengah melakukan pengujian 5G dengan sejumlah operator seluler yang beroperasi di Indonesia, salah satunya dengan Smartfren.

Hal ini untuk memastikan bahwa Realme 8 5G bisa mendukung jaringan 5G dari masing-masing operator tersebut ketika nantinya sudah komersil.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/16/17373827/realme-8-5g-diklaim-sudah-bisa-pakai-5g-telkomsel-tanpa-unlock

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke