Salin Artikel

Bocoran Tampilan Windows 11 yang Akan Diumumkan 24 Juni

Berdasarkan deretan gambar yang berasal dari situs web asal China Baidu, deretan ikon taskbar di Windows 11 tampak disusun tepat di tengah desktop, alih-alih rata di kiri seperti Windows 10.

Desain ini disinyalir mirip seperti tampilan taskbar di proyek Windows 10X, OS khusus perangkat tablet dan laptop layar ganda, yang kabarnya batal meluncur.

Selain taskbar, menu Start Windows 11 juga tampak berbeda dan terlihat lebih segar dibanding Windows 10. Sebab, menu Start Windows 11 tak menampilkan deretan menu atau aplikasi yang terpasang di komputer.

Sebagai gantinya, menu Start kini menampilkan beragam informasi penting, seperti cuaca, berita, kurs mata uang, dan lain sebagainya dalam bentuk cards atau Live Tiles.

Tersemat pula informasi waktu tepat di bagian tengah atas menu Start, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Jendela context menu (klik kanan), aplikasi, dan File Explorer pada Windows 11 juga konon bakal tampil beda lantaran mengusung desain membulat (rounded) di keempat ujungnya.

Di samping itu, ada juga fitur manajemen jendela aplikasi yang tampak disematkan di tombol "Maximize" di tiap jendela.

Fitur tersebut memungkinkan sebuah jendela aplikasi diatur sedemikian rupa agar posisinya bisa bersebelahan dengan jendela aplikasi lainnya, sehingga mempermudah kegiatan multitasking.

Belum diketahui apakah bocoran gambar tampilan desktop Windows 11 ini akurat atau tidak. Pihak Microsoft juga belum mengumbar desain penerus Windows 10 tersebut ke publik.

Namun, apabila benar, maka tampilan ini kemungkinan akan berbeda dengan Windows 11 yang nantinya dirilis ke pengguna umum, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheRegister, Rabu (16/6/2021).

Gambar-gambar bocoran antarmuka yang beredar disinyalir berasal dari Windows 11 edisi "Pro" dengan build 21996.1 versi "Dev", alias pengembang. Sesain dan fitur-fiturnya bisa saja masih banyak yang perlu diperbaiki atau bakal berubah.

Meski belum diumumkan secara resmi, Microsoft sendiri sejauh ini telah memberikan tanda-tanda kehadiran Windows 11 dalam beberapa kesempatan berbeda, salah satunya adalah merilis sebuah wallpaper yang membentuk angka "11" pada awal Juni lalu.

Belum lama ini, perusahaan rintisan Bill Gates itu bahkan mengunggah sebuah video berdurasi 11 menit berjudul Windows Startup Sounds – Slo-fi Remix di kanal YouTube resminya.

Video tersebut berisi kompilasi suara startup tiga sistem operasi lawas Microsoft, yakni Windows 95, XP, dan 7 yang diperlambat hingga 4.000 persen, selain rentetan wallpaper ikonik di ketiga OS lawas tersebut.

Dalam keterangannya, Microsoft menyebutkan, kompilasi suara itu dapat membantu pengguna untuk rileks sembari menanti acara "Microsoft Event" yang akan diselenggarakan pada 24 Juni mendatang, pukul 11 a.m EST atau sekitar pukul 22.00 WIB.

Akankah Windows 11 meluncur pada tanggal tersebut? Kita nantikan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/16/20300027/bocoran-tampilan-windows-11-yang-akan-diumumkan-24-juni

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.