Salin Artikel

Cara Menambahkan Font Baru ke Microsoft Word

Ketika pengguna menambahkan font ke Microsof Word, font baru itu juga akan otomatis dapat digunakan pada seluruh program yang berjalan di sistem operasi komputer tersebut.

Lantas bagaimana cara menambahkan font baru ke Microsoft Word? Cara menambahkan font baru ini terbilang mudah dan sederhana. Berikut langkah-langkah selengkapnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman support Microsoft, Kamis (17/6/2021).

1. Unduh font

Tentu, langkah pertama yang perlu dilakukan pengguna untuk menambahkan font baru ke Microsoft Word ialah dengan menentukan i mana yang diinginkan.

Pengguna bisa dengan mudah menemukan berbagai macam jenis font dan mengunduhnya langsung dari beberapa situs penyedia font. Sebelum mengunduhnya, pastikan dulu situs penyedia font itu merupakan situs terpercaya dan tak mengandung program berbahaya.

Bagi pemilik komputer Windows, pengguna juga bisa langsung mengunduh font gratis melalui aplikasi Microsoft Store.

Setelah menemukan font yang disukai, pengguna hanya perlu mengunduhnya dengan mengeklik opsi "download".

Biasanya, berkas font akan terunduh dalam format ekstensi "ZIP" atau dalam format  ekstensi TrueTypeFont (TTF) atau OpenTypeFont (OTF). Hindari mengunduh berkas font yang memiliki format ekstensi "EXE".

2. Ekstrak berkas font

Apabila berkas font terunduh dalam format "ZIP", pengguna perlu mengekstraknya terlebih dahulu.

Caranya temukan berkas font di folder "Download". Lalu klik dua kali pada berkas font "ZIP" > pilih berkas font dengan format TTF/OTF > klik "extract to" > pilih lokasi penyimpanan > klik "OK".

Setelah diekstrak, format berkas font akan berubah menggunakan ekstensi .ttf atau .otf.

3. Install font

Selanjutnya buka berkas font yang hasil ekstrak tersebut dengan mengeklik dua kali pada file. Nantinya jendela pratinjau font akan terbuka. Lalu klik "install" di bagian atas jendela pratinjau.

Bila pengguna diminta untuk mengonfirmasi langkah instalasi ini, berikan izin dengan mengeklik "Yes" pada jendela pop-up. Setelah itu, font akan otomatis terpasang hanya dalam  beberapa detik saja.

Karena otomatis terpasang ke sistem, pengguna selanjutnya hanya perlu membuka Microsoft Word dan membuka lembar kerja baru.

Kemudian di bagian toolbar font, cari nama font yang baru saja dipasang. Font baru pun siap untuk digunakan. Pengguna bisa melakukan hal yang sama di program berbasis teks lainnya.

Langkah-langkah menambahkan font baru ini bisa dilakukan di komputer Windows maupun Mac. Selamat mencoba!

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/17/09530057/cara-menambahkan-font-baru-ke-microsoft-word

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.