Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Bedanya Opsi "To", "Cc", dan "Bcc" Saat Kirim E-mail

Kolom-kolom ini sama-sama bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengirim e-mail  berikut salinannya ke alamat e-mail orang lain, tapi ada perbedaan penting di antara ketiganya.

Penjelasannya sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari How to Geek, Minggu (20/6/2021).

Kirim e-mail dengan opsi "To"

Ketika ingin mengirim e-mail, pengguna biasanya akan mengisi kolom "To" dengan alamat e-mail orang yang dituju.

Bila ingin mengirim e-mail yang sama ke banyak penerima sekaligus, pengguna tinggal mencantumkan daftar alamat e-mail yang dituju di kolom "To" itu.

Dengan begitu, seluruh penerima yang alamat e-mailnya dicantumkan pada kolom "To" akan mendapatkan e-mail yang sama. Konsekuensi lainnya, masing-masing penerima di kolom "To" itu, juga bisa melihat alamat e-mail penerima lain yang ikut menerima e-mail tersebut.

Dalam satu e-mail yang sama, pengguna bisa mengirimkan satu e-mail ke ratusan pengguna sekaligus. Namun, mungkin ada batasan yang terapkan oleh penyedia layanan.

Gmail dari Google, misalnya, menerapkan aturan batas maksimal e-mail yang dapat dikirim penggunanya dalam sehari, yaitu sebanyak 500 e-mail.

Pengguna Gmail pun hanya bisa mengirimkan satu e-mail kepada 500 penerima sekaligus per hari. Sebagaimana dihimpun dari laman Support Google, bila pengguna melebihi batas maksimal itu, pengguna tak akan bisa mengirimkan e-mail dalam kurun waktu 24 jam.

Kirim e-mail dengan opsi "Cc"

CC merupakan singkatan dari "Carbon Copy" (salinan carbon), merujuk pada kertas karbon yang biasa digunakan untuk menyalin tulisan, seperti pada kuitansi.

Nah, jadi bila ingin mengirimkan salinan e-mail kepada orang lain, pengguna bisa memanfaatkan fitur Cc ini. Di fitur Cc, pengguna juga bisa memasukkan beberapa alamat e-mail sekaligus.

Lantas apa bedanya "To" dan "Cc"? Sebenarnya, keduanya memiliki peran yang sama. Baik penerima di kolom "To" maupun "Cc", akan menerima e-mail yang sama dan dapat melihat siapa saja orang yang menerima e-mail tersebut.

Namun, dalam etika berkirim e-mail, biasanya kolom "To" digunakan untuk mencantumkan alamat e-mail penerima utama yang tujukan dalam e-mail tersebut.

Sedangkan "Cc" digunakan untuk mengirimkan salinan e-mail tersebut kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan informasi dalam e-mail itu. Di sini peran fitur Carbon copy sama persis seperti "tembusan" pada surat fisik.

Penerima di kolom "To" maupun "Cc" bisa menggunakan opsi "reply all", agar e-mail balasan yang dikirimkan oleh masing-masing bisa otomatis diterima langsung oleh seluruh pihak, tanpa perlu meneruskan (forward) e-mail.

Contoh mudahnya, misalnya pengguna bekerja di bagian customer service penyedia internet kabel. Salah satu pelanggan mengeluhkan jaringan internet terganggu dan meminta teknisi untuk datang ke rumahnya.

Nah, ketika akan mengirimkan respons dari keluhan pelanggan tadi, pihak customer service bisa mencantumkan nama pelanggan di kolom "To".

Lalu, alamat e-mail teknisi perusahaan bisa ditulis di kolom "Cc", untuk memberi informasi bahwa teknisi telah ditugaskan untuk mengatasi keluhan pelanggan tersebut. 

Kirim e-mail dengan opsi "Bcc"

Bcc sendiri merupakan singkatan dari ""Blind Carbon Copy". Sama halnya dengan Cc, Bcc juga merupakan fitur yang bisa digunakan untuk mengirimkan e-mail salinan.

Bedanya, daftar alamat e-mail yang dicantumkan pada kolom "bcc" tidak bisa dilihat oleh penerima di kolom "To" dan "Cc". Sedangkan penerima di kolom "bcc" bisa melihat seluruh penerima di kolom "To" maupun "Cc".

Perlu digarisbawahi, bila pengirim mencantumkan banyak alamat e-mail di kolom "Bcc", masing-masing penerima di kolom "Bcc" tidak akan bisa melihat alamat e-mail penerima lain yang juga dicantumkan dalam kolom "Bcc".

Artinya, penerima e-mail di kolom tetap "bcc" akan disembunyikan dari penerima manapun. Itulah mengapa fitur ini disebut sebagai Blind Carbon Copy.

Setiap penerima di kolom "Bcc" akan tetap melihat status e-mail yang dikirimkan kepada mereka sebagai "Bcc", bukan sebagai e-mail utama.

Konsekuensi menggunakan opsi "bcc" ini ialah penerima e-mail "Bcc" tidak akan ikut mendapatkan balasan bila penerima di kolom "To" dan "Cc" mengirimkan balasan atau respons dari e-mail yang dikirimkan tadi.

Fitur Blind Copy Carbon ini bisa dimanfaatkan bila pengguna ingin secara diam-diam mengirimkan suatu e-mail kepada orang lain, tanpa diketahui oleh si penerima utama di kolom "to".

Atau, fitur blind carbon copy ini bisa digunakan bila pengguna ingin mengirimkan satu e-mail kepada banyak orang sekaligus, tanpa ingin orang yang menerimanya melihat siapa saja yang mendapatkan e-mail tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/20/18020007/ini-bedanya-opsi-to-cc-dan-bcc-saat-kirim-e-mail

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke