Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Music Sudah Bisa di Indonesia

Pantauan KompasTekno, fitur yang juga dikenal dengan nama Instagram Music ini sudah tersedia dan sudah bisa digunakan oleh sejumlah pengguna asal Indonesia pada Rabu (23/6/2021) pagi.

Instagram Music sendiri merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyelipkan potongan lagu dalam sebuah posting video Stories.

Untuk bisa mendengarkan Instagram Music, pengguna hanya perlu mengetuk Stories yang sedang ditayangkan. Fitur ini dapat dijumpai pada menu Sticker yang terdapat pada Stories.

Fitur Instagram Music sejatinya telah dirilis sejak pertengahan tahun 2018 lalu. Namun, peluncuran fitur ini sempat dibatasi di sejumlah negara.

Menurut pihak Instagram Indonesia, salah satu satu hambatannya ada di perkara lisensi. Sebelumnya, Instagram masih belum mendapatkan lisensi musik Indonesia.

Alhasil, pihak Instagram harus mengurus izin lisensi untuk memastikan semua musik yang masuk ke Indonesia telah legal.

Sebelum tersedia di Indonesia, pengguna dapat menonton Stories yang mengandung fitur Instagram Music. Meski demikian, pengguna tidak dapat mendengarkan musik yang sedang diputar.

Pada posting tersebut, akan muncuk indikator teks "Instagram Music is not available in your region". Indikator ini menandakan bahwa Instagram Music masih belum tersedia di Indonesia.

Sebelum resmi masuk ke Indonesia, salah satu cara yang harus dilakukan pengguna untuk bisa mendengarkan Instagram Music adalah dengan mengaktifkan Virtual Private Network (VPN).

Sambutan warganet

Setelah Instagram Music resmi bisa dipakai di Indonesia, tak sedikit dari warganet yang menyambut fitur ini dengan ungkapan suka cita.

"kerandoman yg aku temui hari ini: ternyata fitur instagram music udah bisaa AJSJSJSJSJJSJS," kata akun @___talitha.

"Hello, Instagram Music," @bhaguz_403.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/23/07473707/instagram-music-sudah-bisa-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.