Salin Artikel

Cara Membuat Instagram Reels, Sudah Bisa di Indonesia

Fitur ini sudah bisa dicoba oleh seluruh pengguna mulai Rabu (23/6/2021). Instagram Reels merupakan fitur yang memungkinkan pengguna dapat merekam sekaligus menyunting video pendek berdurasi 15 detik.

Dengan Reels, pengguna bisa membuat konten video yang diiringi dengan beragam musik, efek, serta tingkat kecepatan video yang bisa diatur secara langsung.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan Instagram Reels dan cara memakai atau membuat postingan Instagram Reels?

Untuk cara mengaktifkan Instagram Reels, pengguna tinggal mengupdate Instagram mereka melalui toko aplikasi Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Instagram Reels? Berikut langkah-langkahnya di bawah ini.

2. Kemudian buka aplikasi Instagram. Di halaman utama, akan muncul ikon Reels yang letaknya berada di antara ikon "Search" dan "Shop".

3. Sementara, jika Anda membuka membuka fitur Story, maka tombol Reels akan muncul di sisi bawah layar, berdampingan dengan fitur "Post" dan "Story", dan "Live".

6. Jika Anda merekam video lewat fitur kamera di Instagram, Anda bisa memilih konsep video seperti menggunakan layout, menyetel timer, atau mengatur kecepatan video (lebih cepat/lambat).

7. Kali ini, KompasTekno telah menyiapkan satu video yang diambil dari galeri ponsel. Anda bisa memasukkan video lebih dari satu dengan cara menekan tombol "Add" yang berada di pojok kanan atas.

9. Selanjutnya, video bisa ditambahi dengan filter, efek, stiker, teks, hingga lagu yang tersedia di kolom Music. Anda juga bisa mengunggah lagu dari media penyimpanan ponsel atau merekam audio secara langsung lewat menu "Record" yang tersedia.

10. Teks yang sudah dipilih bisa diatur posisinya maupun ukurannya (resize) sesuai dengan keinginan Anda. Teks tersebut juga bisa ditempatkan sesuai durasi yang ditentukan. Misalnya, teks hanya akan muncul di detik pertama hingga detik kelima.

11. Anda juga dapat mengatur volume lagu ataupun suara yang berasal dari video asli.

12. Apabila ingin mematikan suara dari video asli, Anda cukup menekan ikon microfon untuk Mute Audio.

14. Jika semua tahapan selesai, Anda cukup meng-klik tombol "Next" yang berada di pojok kanan bawah, untuk mengunggah video tersebut sebagai konten Reels.

15. Nantinya, video Anda akan secara langsung muncul di tab Instagram Reels.

Video Reels yang dibuat oleh pengguna bisa dibagikan lewat fitur Instagram Stories, Feeds, atau Direct Message.

Apabila dibagikan di Instagram Stories, video Reels bakal hilang setelah 24 jam, sedangkan jika diunggah di Feed, video tersebut akan terpampang di halaman profil pengguna, sama seperti ketika mengunggah sebuah foto atau konten IGTV.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/24/08010047/cara-membuat-instagram-reels-sudah-bisa-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.