Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Lokasi Folder Penyimpanan Gambar dan Video WhatsApp di Ponsel

Lalu ke mana WhatsApp mengunduhnya? Aplikasi pesan instan ini membuat rangkaian folder khusus di memori internal ponsel untuk menyimpan aneka konten yang diunduh dari percakapan.

Lama kelamaan, seiring makin banyaknya konten yang diunduh, ukuran folder bisa semakin besar sehingga menyita memori ponsel. Karena itu ada baiknya Anda sesekali mengecek dan menghapus file yang sudah tidak diperlukan.

Cara melihat lampiran file WhatsApp yang disimpan di ponsel

Folder penyimpanan konten WhatsApp bisa diakses lewat aplikasi file manager, baik yang disediakan oleh ponsel secara bawaan atau aplikasi pihak ketiga macam Total Commander. Langkah-langkahnya sebagai berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno (24/6/2021):

Tool bernama Storage Management ini bisa dilakukan dengan membuka Settings dari tombol tiga titik di pojok kanan atas tampilan utama > Storage and data > Manage storage.

WhatsApp kemudian akan menampilkan berapa besar ruang memori yang dipakai oleh konten-konten yang diunduh, serta mengurutkan daftar kontak yang paling banyak mengirim file berdasarkan ukurannya.

Anda bisa langsung meng-klik nama si kontak untuk melihat file apa saja yang sudah dikirimkannya.

WhatsApp juga akan menampilkan file mana saja yang sudah sering diteruskan (forwarded many times) serta yang memiliki ukuran lebih dari 5 MB sehingga Anda bisa lebih selektif dan efektif dalam menghapus file untuk membebaskan memori. 

Cara melihat lampiran file WhatsApp yang disimpan di PC

WhatsApp turut menyediakan aplikasi khusus berbasis PC alias WhatsApp Web yang juga bisa mengunduh dan membuka konten yang dikirimkan oleh kontak. Namun, mekanismenya berbeda dari di ponsel.

WhatsApp Web tidak menyimpan lampiran konten secara otomatis sehingga pengguna harus terlebih dahulu memilih file dan menekan opsi "Unduh" atau "Download" apabila ingin menyimpan konten lampiran tersebut.

Nah, seperti umumnya proses download dari peramban, file yang diunduh itu akan disimpan di dalam folder Downloads di komputer. Shortcut untuk folder Downloads biasanya disediakan di desktop, taskbar/ dock, atau menu quick access di komputer Windows dan Mac.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/24/14070057/ini-lokasi-folder-penyimpanan-gambar-dan-video-whatsapp-di-ponsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke