Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Pakai 9 Benda Ini untuk Membersihkan Layar Smartphone

Namun, ketika ada noda yang menempel di layar smartphone, sebagian pengguna biasanya tidak memperhatikan dengan apa mereka membersihkan layar tersebut. Misalnya, dengan semprotan udara, hingga zat-zat pembersih seperti alkohol.

Padahal, benda-benda tadi bisa saja memiliki sifat yang dapat menimbulkan kerusakan pada layar smartphone, termasuk yang bahannya tampak halus sekalipun.

Nah, supaya tampilan tetap bersih dan terjaga dari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya hindari membersihkan layar smartphone dengan sembilan benda berikut.

1. Kertas dapur/ paper towel

Benda yang umum digunakan sebagai penyerap minyak atau cairan lain ini memiliki permukaan yang lebih lebar dan lebih kasar dibandingkan tisu sehingga rawan menggores layar.

2. Pembersih kaca

Ponsel-ponsel keluaran terbaru biasanya dilindungi oleophobic coating atau hydrophobic coating untuk melindungi layar dari zat oleo (oli/minyak) dan hydro (air). Lapisan pelindung ini bisa terkikis oleh zat pembersih kaca.

3. Pembersih makeup

Mungkin jarang pemilik smartphone membersihkan layar ponsel mereka dengan cairan pembersih makeup. Beberapa jenis makeup cleaner memiliki kandungan zat yang bisa merusak layar elektronik.

4. Alkohol

Ketika ingin membersihkan sesuatu, alkohol menjadi satu pilihan yang paling umum. Namun, ternyata cairan tersebut berbahaya bagi permukaan layar smartphone karena mempercepat pengikisan pelindung layar smartphone. Alkohol juga bisa meninggalkan bekas noda di layar.

5. Semprotan udara

Beberapa pemilik smartphone mungkin ada yang memanfaatkan alat ini untuk membersihkan layar ponsel mereka dari debu. Namun, udara bertekanan tinggi bisa merusak komponen lain yang sensitif tekanan pada ponsel, seperti misalnya mikrofon.

6. Deterjen dan sabun

Penggunaan deterjen dan sabun biasa dicampur dengan air. Nah, air yang berlebihan bisa merembes ke smartphone dan merusak komponen di dalamnya, terutama ponsel yang tidak anti-air. Sebaiknya gunakan sedikit air di kain yang halus saja untuk membersihkan layar.

7. Cuka

Sebagian orang mungkin menyarankan cuka sebagai pembersih. Namun, lagi-lagi, lapisan oleophobic bisa terkiris oleh zat ini. Jika terpaksa, sebaiknya larutkan cuka dengan air terlebih dahulu dengan proporsi setidaknya 50:50.

8. Tisu basah

Sebagian tisu basah memiliki zat disinfektan berupa alkohol untuk membunuh kuman. Efeknya sama dengan alkohol dalam botol, bisa merusak lapisan pelindung layar.

9. Cairan pembersih lainnya

Cairan pembersih mengandung berbagai aneka zat aktif yang efeknya bisa jadi merusak untuk layar ponsel. Sulit untuk mengetahui dengan pasti, oleh karena itu sebaiknya dihindari saja.

Lalu, apa yang bisa pengguna pakai untuk membersihkan layar ponsel dengan aman ? Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet, pengguna bisa membersihkan layar smartphone menggunakan kain microfiber yang memiliki serat halus.

Kain microfiber banyak dijual di toko-toko dan umum digunakan sebagai lap kecil untuk membersihkan kacamata. Microfiber efektif membersihkan noda seperti minyak dan sidik jari dari layar ponsel.

Untuk cairan pembersih, Anda bisa menggunakan air bersih secukupnya dengan cara membasahi kain microfiber. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus gadget yang bisa didapat di sejumlah marketplace.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/28/11320097/jangan-pakai-9-benda-ini-untuk-membersihkan-layar-smartphone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke