Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Situs Ini Hadirkan iPod Virtual, Bisa Putar Musik dan Main Game

KOMPAS.com - Masih ingat dengan iPod? Perangkat pemutar musik portabel ini sempat populer sebelum produksinya dihentikan oleh Apple. Lini iPod klasik dihentikan pada 2014. Kemudian iPod Nano dan Shuffle menyusul disetop pada 2017.

Mereka yang kangen dengan iPod kini bisa mengunjungi situs buatan frontend developer asal AS bernama Tanner Villarete di tautan berikut. Di sana terpampang sebuah model virtual dari iPod Classic generasi ke-6.

Uniknya, navigasi "iPod" ini dilakukan dengan memakai clickwheel virtual seperti perangkat aslinya. Anda bisa memutar clickwheel dengan mouse untuk mengarahkan pilihan, kemudian menekan tombol bundar di tengah untuk masuk ke menu.

iPod virtual tersebut memuat aplikasi streaming musik Spotify dan Apple Music. Anda bisa menggunakannya untuk mendengar lagu, tapi harus login terlebih dahulu ke layanan yang bersangkutan.

Selanjutnya, ikuti petunjuk Log In yang tersedia. Tunggu sekitar satu menit hingga proses Log In berhasil. Jika sudah berhasil masuk, nantinya "iPod" akan menampilkan kumpulan playlist yang sinkron dengan akun Spotify Anda, seperti dalam gambar di atas.

Anda bisa melakukan berbagai hal seperti memutar musik, memilih playlist, mengatur playback, dan lainnya.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (25/6/2021), ada beberapa folder yang dimunculkan, seperti Artist, Album, Playlist, dan Cover Flow untuk melihat tampilan lagu (sampul album) yang sedang diputar.

Selain aplikasi streaming, ada juga game Brick Breaker yang benar-benar bisa dimainkan, meskipun agak sulit karena harus dengan memutar clickwheel menggunakan kursor mouse.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/28/14150087/situs-ini-hadirkan-ipod-virtual-bisa-putar-musik-dan-main-game

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke