Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Fitur Windows 10 yang Absen di Windows 11, dari Skype hingga Cortana

Deretean fitur anyar turut ditambahkan, seperti widget baru, update fitur manajemen jendela aplikasi untuk multi-tasking, hingga dukungan menjalankan aplikasi Android tanpa emulator.

Namun, ada juga sejumlah fitur Windows 10 sebelumnya yang dipangkas sehingga tak lagi ditemukan di Windows 11.  Beberapa di antaranya sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PCWorld, Senin (28/6/2021).

1. Cortana didepak

Asisten digital dari Microsoft ini sebenarnya masih ada di Windows 11. Hanya saja, Cortana didepak dari posisinya di taskbar dan fungsi pencarian Windows.

Cortana di Windows 11 hanya sebatas aplikasi yang kemungkinan tak banyak berubah dari versi di Windows 10.

Berdasarkan bocoran build Windows 11, pengguna pun nantinya harus mencari, mengunduh, dan memasang sendiri aplikasi Cortana sebelum bisa digunakan pada komputer.

2. Akhir cerita Internet Explorer

Browser usang Internet Explorer memang sedang dilenyapkan oleh Microsoft untuk digantikan dengan Edge. Di Windows 11, riwayat peramban lawas itu benar-benar tamat karena sudah tidak lagi disertakan sebagai bagian dari sistem operasi.

Di komputer Windows 10 pun, dukungan terhadap versi terakhir Internet Explorer, yakni IE 11, bakal diakhiri setahun lagi  pada 15 Juni 2022.

Meski demikian, peramban Edge yang lebih modern dan berbasis Chromium masih menyediakan "IE Mode" untuk keperluan menjaga kompatibilitas dengan situs-situs web.

3. Quick status hilang dari lock screen

Di Windows 10, pengguna biasanya bisa menambahkan quick status dari beberapa aplikasi untuk dimunculkan pada layar kunci (lock screen), agar lebih mudah dilihat tanpa perlu login terlebih dahulu.

Fitur yang bisa berguna untuk sebagian orang ini kabarnya juga akan dihilangkan dari lock screen Windows 10. Fungsinya digantikan oleh widget yang juga mampu menampilkan rangkaian aplikasi informatif seperti kalender, prediksi cuaca, hingga peta.

Widget Windows 11 akan ditempatkan di area transparan yang bisa dimunculkan dari sisi kiri layar dengan menekan sebuah tombol di taskbar. Tidak seperti quick status yang dimunculkan pada lock screen Windows 10.

Di Windows 10, fitur tiles ini biasanya dimanfaatkan pengguna untuk mengelompokkan aplikasi favoritnya dalam satu grup tiles di menu start. Ada pula fitur live tiles menampilkan kolom notifikasi yang mencakup informasi seperti cuaca, kalender, atau informasi lainnya.

Pengguna juga biasanya bisa mengubah ukuran aplikasi yang ada di fitur tiles sesuai keinginan pengguna, mulai dari ukuran kecil, sedang, lebar, hingga besar.

Menu Start Windows 11 hanya memiliki kolom pencarian yang ada di sisi atas, lalu beberapa aplikasi yang disematkan (pin), serta beberapa aplikasi yang direkomendasikan.

Saat pengguna melakukan update ke Windows 11, seluruh aplikasi dan situs yang telah disematkan (pin) di Windows 10 tidak diterapkan secara otomatis di Windows 11.

5. Fitur Timeline lenyap

Fitur yang bisa memudahkan pengguna dalam mengingat progress pekerjaan ini pun bakal dihilangkan dari Windows 11. Hanya ada satu elemenTimeline yang diambil, yakni sinkronisasi tab Edge yang kini ditampilkan langsung dalam peramban.

6. Menu Start dan taskbar tak bisa dipindah

Di antarmuka Windows 11, Microsoft merombak letak menu Start dan baris taskbar. Yang awalnya berada di sisi kiri layar, kini digeser ke sisi tengah seperti di antarmuka MacOS.

Menurut laporan PC World, dalam versi beta yang bocor, menu Start dan baris Windows 11 itu masih dapat dipindahkan ke sisi kiri, tapi tak bisa digeser ke bagian samping kiri, kanan, atau bagian atas layar, sebagaimana yang bisa dilakukan pada Windows 10.

Microsoft juga akan mengganti aplikasi Snipping Tool dengan "Snip & Sketch". Kemudian, aplikasi seperti 3D Viewer, OneNote, dan Paint 3D.

Skype juga tak ketinggalan didepak dari daftar aplikasi bawaan. Fungsi Skype Meet Now yang sempat hadir di taskbar Windows 10 kabarnya bakal digantikan oleh Teams Chat.

Pengguna Windows 11 yang ingin memakai Skype nantinya harus mengunduh aplikasi itu terlebih dahulu dari Windows Store.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/28/19240047/deretan-fitur-windows-10-yang-absen-di-windows-11-dari-skype-hingga-cortana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke