Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bocoran Performa Chip Exynos 2200, Lebih Kencang dari Apple A14 Bionic?

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Samsung mengonfirmasi tengah bekerja sama dengan pabrikan semikonduktor AMD dalam membuat chipset mobile yang dibekali dengan GPU (chip pengolah grafis) mumpuni.

Kini, bocoran performa chip yang digadang-gadang mengusung namaExynos 2200 itu muncul di internet. Dan secara mengejutkan, skor chip dengan GPU AMD itu melampaui performa chip A14 Bionic racikan Apple.

Informasi ini dibeberkan oleh Ice Universe, pembocor ulung yang kerap mengumbar berbagai rumor terkait produk teranyar Samsung.

Melalui handle Twitter @UniverseIce, ia mengklaim ponsel dengan chipset seperti di atas memiliki hasil benchmark aplikasi 3D Mark untuk pengujian grafis "Wild Life" senilai 8.134 poin dengan frame rate rata-rata 50,30 FPS.

Perlu dicatat, SoC Exynos yang tampil di benchmark ini mengandalkan CPU berarsitektur Cortex-A77 yang konon dipakai untuk referensi pengujian.

Sekadar konteks, Samsung Galaxy S21 Series dibekali dengan chipset Exynos yang memiliki CPU Cortex-A78, sehingga hasil pengujian kemungkinan berbeda apabila menggunakan CPU dengan arsitektur yang sama.

Adapun SoC Exynos teranyar sendiri konon bakal memiliki konfigurasi CPU ARM Cortex X2 dan Cortex A710, arsitektur prosesor yang lebih mumpuni dari Cortex-A77, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (1/7/2021).

Belum bisa dipastikan apakah komposisi arsitektur CPU tersebut, begitu juga hasil benchmark pengujian grafis 3D Mark tadi, akurat atau tidak.

Sebab, Samsung belum mengumbar informasi apa pun soal suksesor SoC Exynos 2100 ini, begitu juga tanggal peluncurannya. Kita nantikan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/01/11020057/bocoran-performa-chip-exynos-2200-lebih-kencang-dari-apple-a14-bionic-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke