Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Ampuh Atasi "Lag" di Game Mobile Legends

Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya lag, dan pemain tidak akan nyaman ketika sedang bermain game online favoritnya.

Nah, di game smartphone populer besutan Moonton, Mobile Legends, ada fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi terjadinya lag. 

Fitur ini bisa diakses melalui menu pengaturan dengan meng-klik ikon "settings" yang menyerupai "gerigi" di tampilan utama Mobile Legends, tepat di bagian kanan atas antarmuka (UI), sebagaimana ilustrasi gambar berikut. 

Perlu dicatat, apabila fitur ini diaktifkan, game Mobile Legends akan memakan lebih banyak kuota internet.

Pengguna juga bisa mengaktifkan "Network Boost" untuk membuat latency atau ping saat bermain Mobile Legends semakin kecil, sehingga jalannya permainan akan lebih lancar.

Namun, fitur ini hanya bisa dinyalakan apabila pengguna memiliki koneksi data (paket internet) dan WiFi yang aktif secara bersamaan.

KompasTekno pun mencoba menggunakan dua fitur ini dan memang terbukti ampuh untuk mengatasi lag di game Mobile Legends.

Pengecekan berkala ini bisa dibilang penting. Sebab, seiring berjalannya waktu, semua game, tak hanya Mobile Legends, sejatinya akan menghasilkan sampah (cache) yang tidak diperlukan lagi.

Selain itu, aneka file yang dibutuhkan game bisa saja tidak lengkap atau mungkin berantakan akibat efek dari pembaruan (update). 

Nah, untuk melakukan pengecekan file, pengguna bisa meng-klik tombol "Network Test" di tampilan pengaturan "Network Setting" tadi, seperti ilustrasi gambar di atas.

Kemudian, pilih menu "Resource Check" untuk mengecek file game yang dibutuhkan, "Cache Clearing" untuk membersihkan file sampah, serta "Check Redundancy" untuk mengecek apakah ada file yang tidak penting atau duplikat.

Perlu diingat, ketika pengecekan file sedang berlangsung, pengguna harus menunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai supaya efeknya nanti bisa terasa.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/06/16150037/cara-ampuh-atasi-lag-di-game-mobile-legends

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke