Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Perlu Blokir Kontak, Begini Cara Menyembunyikan Chat di WhatsApp

Arsip sebenarnya bukan fitur anyar, tapi mekanismenya diubah dalam pembaruan kali ini.

Pada versi sebelumnya, fitur "Arsip" digunakan untuk menyembunyikan beberapa chat pribadi maupun grup agar tidak muncul di beranda. Kendati disembunyikan, chat yang disimpan tadi akan kembali ke tampilan utama atau beranda apabila ada pesan baru masuk.

Nah, di versi yang baru terdapat opsi untuk tetap menyembunyikan chat agar tidak muncul lagi ke beranda, sekalipun ada pesan baru yang masuk. Begitu pula dengan notifikasi pesan baru, tidak akan muncul di beranda ruang obrolan.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan notifikasi dan pesan sepenuhnya tanpa harus memblokir kontak.

Bedanya dari pemblokiran, pesan dari kontak yang diarsip akan tetap terkirim, tapi chat dari orang tersebut tidak akan dimunculkan di tampilan utama sehingga bisa diabaikan.

Pembaruan fitur "Arsip" kini mulai disebar ke pengguna Android maupun iOS versi beta. KompasTekno kebagian fitur ini lebih awal dan bisa menjajalnya di WhatsApp beta Android versi 2.21.14.6.

Cara menggunakannya sangat mudah. Anda cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pilih chat mana saja yang ingin disembunyikan dengan cara klik dan tahan chat yang dikehendaki.
  2. Lalu klik ikon arsip yang digambarkan dengan gambar sebuah kotak dengan anak panah ke bawah.
  3. Chat tersebut akan otomatis pindah ke Archived Chats. Tab "Arsip" yang selama ini tersembunyi, akan muncul di daftar paling atas, tepat sebelum ruang obrolan pertama. Tab tersebut turut dibubuhi angka jumlah chat yang disembunyikan di "Arsip"
Pengguna bisa mengatur apakah ingin tetap mengarsipkan chat walaupun ada pesan baru, atau mengembalikannya lagi ke beranda.

Caranya, buka tab "Arsip", lalu klik ikon titik tiga vertikal yang ada di pojok kanan atas. Kemudian pilih "pengaturan arsip". Jika ingin tetap menyembunyikannya, cukup geser tombol ke kanan hingga berubah menjadi warna hijau, dan ke kiri untuk sebaliknya.

Sayangnya, opsi ini berlaku untuk seluruh chat yang diarsipkan. Artinya, pengguna tidak bisa memilih pesan mana saja yang ingin dikembalikan ke beranda jika ada pesan baru muncul dan mana chat yang ingin tetap disembunyikan.

Belum diketahui kapan WhatsApp akan merilis fitur arsip baru ini ke lebih banyak pengguna secara publik.

Dirangkum KompasTekno dari WA Beta Info, Rabu (7/7/2021), WhatsApp kemungkinan masih akan terus mengembangkan fitur arsip. Salah satunya fitur yang memungkinkan pengguna mengarsipkan chat yang sudah tidak aktif dalam enam bulan terakhir secara otomatis.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/07/18090057/tak-perlu-blokir-kontak-begini-cara-menyembunyikan-chat-di-whatsapp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke