Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencari, Mengunci, dan Menghapus Ponsel Android yang Hilang

KOMPAS.com - Kehilangan smartphone bisa dialami oleh siapa saja. Penyebabnya pun bermacam-macam, bisa hilang dan dicuri atau karena lupa meletakkan di mana ponsel tersebut.

Bagi yang mengalaminya, tentu mereka akan panik dan khawatir. Apalagi, smartphone kini banyak menyimpan aplikasi dan data penting.

Google selaku pembuat sistem operasi Android menyediakan tool Find My Device yang bisa membantu anda untuk mencari ponsel, juga mengunci dan menghapus data di dalamnya apabila perangkat tersebut tidak ditemukan.

Berikut ini caranya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari laman Support Google, Kamis (8/7/2021).

1. Syarat untuk bisa melacak ponsel Android yang hilang

Agar bisa memanfaatkan tool Find My Device, ada beberapa syarat yang biasanya sudah terpenuhi, kecuali pengguna tidak pernah login ke akun Google atau perangkat dengan sengaja dimatikan.

  • Pertama, buka tautan berikut ini https://www.google.com/android/find
  • Anda juga bisa mengakses situs tersebut dengan cara mengetik keyword "Find My Device" di kolom pencarian aplikasi Google Search.
  • Setelah itu, masuk (Log In) ke Akun Google Anda. Jika ponsel yang hilang terhubung ke beberapa akun Google, Anda bisa memilih salah satu diantara akun tersebut.
  • Selanjutnya, di samping kiri layar akan muncul nama ponsel yang berhasil terdeteksi.
    • Di bagian bawah nama perangkat, ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih, seperti "Play Sound", "Secure Device", atau "Erase Device".
    • Play Sound: Opsi ini berfungsi untuk melacak keberadaan perangkat melalui suara notifikasi ponsel. Jika Anda memilih opsi "Play Sound", nantinya ponsel Anda yang hilang akan mengeluarkan suara seperti alarm dengan volume kencang selama 5 menit.
    • Secure Device: Untuk mengunci ponsel Anda yang hilang agar tidak diutak-atik, Anda bisa menekan opsi Secure Device. Lewat opsi ini, Anda bisa menerapkan PIN, pola, atau kata sandi secara jarak jauh. Hal ini juga berguna apabila Anda ingin membantu seseorang yang mengambil ponsel Anda untuk mengembalikannya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/08/11090037/cara-mencari-mengunci-dan-menghapus-ponsel-android-yang-hilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke