Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Reno6 Meluncur di Indonesia 15 Juli, Ini Spesifikasinya

Seperti seri Reno sebelumnya, Reno6 masih mengunggulkan sektor kamera untuk membantu pengguna berkreasi dengan fitur foto dan video andalannya. Fitur foto dan video yang diusung Reno6 juga akan didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

"Oppo fokus pada teknologi pencitraan. Ada 200 juta pengguna Reno di seluruh dunia yang merekam video berkualias tinggi di manapun, jumlah ini bertambah tiap bulannya," jelas Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia untuk Seri A dan Reno, dalam sebuah acara temu media yang digelar secara virtual, Senin (12/7/2021).

Aryo turut membeberkan spesifikasi yang akan dibawa Reno6. Secara keseluruhan spesifikasi Reno6 agak mirip dengan Reno5. Bentang layarnya sama-sama 6,4 inci dengan panel AMOLED.

Layar tersebut turut didukung refresh rate 90 Hz dan 180 Hz touch sampling rate. Desainnya masih menggunakan single punch hole atau layar dengan hiasan lubang kamera di sudut kiri atas. Selain itu, sensor pemindai sidik jari juga ditanamkan di dalam layar Reno6.

Desain

Di Reno6, Oppo masih mempertahankan desain perangkat yang ringan dan ramping. Reno6 memiliki ketebalan 7,8mm dan berat sekitar 173 gram, lebih bongsor ketimbang Reno5 dan Reno4.

Hal itu disebabkan oleh teknik pewarnaan Reno Glow yang membuat bodi Reno6 menjadi lebuh gemuk. Reno Glow merupakan teknik pewarnaan yang jadi ciri khas Oppo untuk membuat efek kilauan pada punggung ponsel agar terlihat lebih halus.

Selain mempercantik tampilan bodi, teknik ini diklaim bisa mencegah timbulnya bekas sidik jari yang kerap menempel di punggung. Teknik Reno Glow digunakan untuk memulas Reno6 ke dalam dua varian warna, yakni Aurora dan Stellar Black.

Kamera

Seperti pendahulunya, Reno6 dibekali kamera depan 44 megapiksel dengan bukaan lensa (f/2.4). Kemudian di belakang, terdapat empat buah kamera.

Masing-masing memiliki konfigurasi yaitu kamera utama 64 MP (f.1,7), wide angle 8 MP (f/2.2), makro 2 MP (f/2.4), dan mono 2 MP (f/2.4).

Tidak hanya dari segi hardware, Oppo mengklaim turut menyuntikan piranti lunak yang didukung teknologi AI untuk mendatangkan fitur kamera dan video yang lebih optimal.

"Reno6 membantu pengguna untuk mengambil video dan foto portrait berkualitas tinggi melalui fitur pencitraan inovatif dan kemampuan kecerdasan buatan yang Oppo kembangkan sendiri," jelas Aryo.

Adapun beberapa fitur unggulan tersebut di antaranya efek video sinematik Bokeh Flare, video portrait denagn AI Highlight Video, Portrait Beautification Video, dan fitur editing Palet AI.

Oppo juga menyisipkan fitur RAM expansion, di mana kapasitas RAM bisa diperluas dengan mengonversi sebagian memori internal menjadi RAM virtual.

Nantinya, ada beberapa opsi RAM Expansion yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari 2 GB, 3 GB, dan 5 GB. Ponsel ini dibekali baterai 4.310 mAh yang didukung Flash Charge 50 watt.

Oppo juga memasang sistem pendingin untuk membantu perangkat tidak cepat panas, terutama ketika digunakan untuk bermain game. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 11 yang dilapisi antarmuka ColorOS 11.1.

Belum diketahui berapa harga yang dipatok untuk Reno6. Aryo mengatakan, informasi harga dan pemesanan baru akan diumumkan tanggal 15 Juli mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/12/12543657/oppo-reno6-meluncur-di-indonesia-15-juli-ini-spesifikasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke