Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

YouTube Shorts Mulai Bisa Dijajal di Indonesia, Saingan TikTok dan Reels

Shorts adalah fitur pesaing TikTok yang memungkinkan pengguna YouTube mengunggah video pendek berdurasi 15-60 detik, lengkap dengan musik latar. Reels dari Instagram juga memiliki kemampuan yang mirip.

"Kami senang mengumumkan bahwa YouTube Shorts hadir secara global. Kami saat ini menggulirkannya ke pengguna beta di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, di mana YouTube tersedia," tulis YouTube dalam blog resmi Google Australia.

Dari pantauan KompasTekno hari ini, Selasa (13/7/2021), segelintir pengguna YouTube di Indonesia sudah bisa menjajal Shorts lewat aplikasi.

Beberapa yang terlacak mendapat fitur Shorts adalah pengguna aplikasi YouTube beta versi 16.27.34. Namun ada juga pengguna non-beta versi 16.26.36 yang juga sudah kebagian.

Apabila  mendapat fitur Shorts lebih awal, antarmuka (UI) YouTube versi mobile akan berubah. Di sisi bawah layar akan muncul menu "Shorts", tepatnya berada di tengah antara menu "Home" dan tanda tambah untuk unggah video.

Meng-klik menu "Shorts" akan membawa pengguna mengeksplorasi video Shorts yang sudah terunggah dari berbagai belahan dunia.

Seperti TikTok dan Reels, Shorts juga menggunakan format video vertikal. Pengguna bisa menggulir layar ke atas dan ke bawah untuk menonton lebih banyak video.

Pengguna juga bisa memberikan suka (like), tidak suka (dislike), komentar, atau membagikan video Shorts.  Sementara untuk mengunggah video Shorts, dari pantauan KompasTekno belum semua pengguna YouTube bisa melakukannya meskipun sudah mendapat menu Shorts.

Cara mengunggah video Shorts di YouTube

Di beberapa kasus, pengguna tidak mendapatkan opsi "Create a Shorts" di menu "posting" untuk mengunggah Shorts.

Kemungkinan hal ini terjadi karena YouTube masih menggulirkannya secara bertahap. Adapun cara untuk mengunggah video Short di YouTube adalah sebagai berikut:

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/13/12380067/youtube-shorts-mulai-bisa-dijajal-di-indonesia-saingan-tiktok-dan-reels

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke