Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Luncurkan Fitur untuk Pulihkan Akun yang Diretas

Instagram mengatakan, fitur baru ini bisa membantu pengguna Instagram mengamankan akun miliknya yang kemungkinan telah dibajak atau diretas.

"Hari ini, kami meluncurkan Security Checkup, fitur baru untuk membantu orang-orang menjaga keamanan akun Instagram mereka," tulis Instagram, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog resmi Instagram, Rabu (14/7/2021).

Dengan fitur ini, pengguna akan diminta mengikuti langkah-langkah yang tersedia, meliputi pemeriksaan aktivitas login akun, peninjauan ulang informasi progil, hingga meninjau informasi kontak untuk pemulihan akun.

Kehadiran fitur baru Security Checkup ini juga sudah disampaikan langsung oleh Instagram melalui Twitter dengan handle @InstagramComms.

Instagram juga tetap mengimbau seluruh penggunanya untuk melakukan beberapa langkah tambahan untuk menjaga akun pengguna lebih aman lagi.

Mengaktifkan TFA dan update nomor telepon

Instagram menyarankan, pengguna menambah lapisan perlindungan akun mereka dengan mengaktifkan otentikasi dua langkah (two-factor authentication/TFA).

"Jika Anda menggunakan WhatsApp, dalam beberapa minggu mendatang Anda akan dapat melindungi akun Anda menggunakan nomor WhatsApp Anda di negara tertentu," tulis Instagram.

Nah, dengan mengaktifkan TFA, pengguna diwajibkan untuk memasukkan enam kode verifikasi yang dikirim ke nomor telepon atau aplikasi otentikator, agar bisa login ke akunnya.

Bila otentikasi dua faktor diaktifkan, pengguna juga akan menerima alert request login dari perangkat atau browser yang mencoba login dengan akun pengguna.

Pengguna diberikan opsi untuk menyetujui atau menolak permintaan login tersebut.

Pengguna juga dapat melihat daftar perangkat yang baru saja login ke akun Instagram Anda kapan saja di "Settings" > "Security" > "Login Activity".

"Jika Anda tidak mengenali login terbaru dari perangkat atau browser tertentu, Anda dapat logout dari lokasi atau perangkat tersebut dan memberi tahu kami bahwa login tersebut bukanlah Anda," tulis Instagram.

Selanjutnya, Instagram menyarankan agar pengguna mencantumkan informasi e-mail dan nomor telepon yang benar dan paling baru. Dengan demikian, Instagram bisa langsung menghubungi pengguna bila terjadi sesuatu pada akun pengguna.

"Langkah-langkah ini memungkinkan Anda memulihkan akun, meskipun info Anda telah diubah oleh hacker," tulis Instagram.

Anak perusahaan Facebook Inc ini juga mengingatkan pengguna, bahwa perusahaan tidak akan pernah mengirimkan pesan melalui direct message (DM) Instagram.

Bila ada DM yang mengatasnamakan Instagram dan meminta akses informasi sensitif seperti kata sandi akun, perusahaan mengatakan pesan tersebut merupakan penipuan.

"Instagram tidak akan pernah mengirimi Anda DM. Jika Instagram ingin menghubungi Anda perihal akun Anda, kami akan melakukannya melalui tab 'Email from Instagram' di "Settings" > "Security"," tulis Instagram.

Jadi kalau pengguna menemukan akun atau konten yang mencurigakan atau dinilai merupakan penipuan, Instagram meminta pengguna untuk melaporkannya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/14/16270027/instagram-luncurkan-fitur-untuk-pulihkan-akun-yang-diretas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke