Salin Artikel

AMD Bikin "PlayStation 5" Versi PC

Uniknya, PC tersebut ditenagai dengan prosesor (CPU) AMD 4700S berarsitektur "Zen 2" dengan jumlah inti delapan (octa-core). Prosesor ini merupakan CPU yang juga menjadi "otak" dari konsol terkuat Sony saat ini, PlayStation 5 (PS5).

Meski demikian, ada sedikit perbedaan di AMD 4700S Desktop Kit, di mana CPU tersebut tak dipadankan dengan komponen pengolah grafis (GPU) AMD Radeon RDNA 2 yang ada di PS5.

Sebagai gantinya, AMD 4700S Desktop Kit dapat dipadukan dengan sejumlah GPU generasi "lawas", mencakup GPU dari seri AMD Radeon RX 500 Series hingga Nvidia GeForce GT 700 dan 1000 Series.

AMD tidak merinci bagaimana spesifikasi CPU yang ada di mini-PC mereka itu.

Namun, situs benchmark Geekbench mencatat CPU tersebut memiliki kecepatan clock hingga 4,0 GHz (lebih kencang dari PS5 dengan kecepatan 3,5 GHz), L3 cache sebesar 8 MB, dan RAM sebesar 16 GB.

Konon, pemakaian CPU PS5 di komputer mini AMD 4700S Desktop Kit sendiri merupakan sebuah strategi untuk menghabiskan stok prosesor yang tidak dipakai oleh Sony, sehingga komponen tersebut tidak mubazir di gudang.

Terlepas dari CPU, AMD 4700S Desktop Kit turut dibekali dengan sejumlah port agar bisa dipadukan dengan komponen lainnya.

Di antaranya mencakup SATA port (2x), LAN port (1x), USB3 Gen 2 port (3x), USB3 Gen 1 port (1x), USB2 port (4x), dan audio port, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari NotebookCheck, Rabu (14/7/2021).

Untuk aspek daya, komputer mini yang memiliki dukungan PCIe x16 slot ini membutuhkan unit power supply (UPS) berdaya minimal 250 watt.

Kendati demikian AMD belum mengumbar informasi harga AMD 4700S Desktop Kit, begitu juga tanggal peluncuran dan ketersediaan mini-PC besutannya tersebut secara komersil. Kita nantikan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/14/17480047/amd-bikin-playstation-5-versi-pc

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.