Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara untuk Hapus Aplikasi di Ponsel Android

Namun, ada kalanya pengguna harus menghapus aplikasi yang sudah di-install, entah dengan alasan untuk memperluas kapasitas memori atau sekadar ingin menghapus (uninstall) aplikasi itu karena jarang digunakan.

Proses penghapusan aplikasi ini berlangsung sama mudahnya dengan pemasangan. KompasTekno merangkum tiga cara yang bisa dilakukan untuk uninstall aplikasi di HP Android.

Cara pertama ialah adalah menghapus aplikasi Android melalui menu Settings di ponsel. Berikut langkah-langkahnya

Pengguna sebenarnya tak perlu repot masuk ke menu Settings untuk menghapus aplikasi. Ini juga bisa dilakukan secara langsung dari home screen.

Caranya, pengguna hanya perlu mengetuk dan menekan (tap & hold) ikon aplikasi yang ingin di-uninstall. Nantinya akan muncul jendela pop-up yang memperlihatkan opsi "Uninstall".

Jangan keliru antara opsi "Remove" yang hanya akan menghapus ikon shortcut dari home screen dan "Uninstall" yang akan menghapus keseluruhan aplikasi berikut pintasannya.

Di antarmuka (UI) ponsel Realme dan Samsung, pengguna bisa langsung menemukan opsi uninstall pada ikon aplikasi di home screen.

Pengguna Xiaomi juga bisa uninstall aplikasi langsung melalui home screen. Namun, langkah-langkahnya sedikit berbeda dari ponsel Realme dan Samsung.

Caranya, pengguna perlu tap dan hold ikon aplikasi yang ingin di-uninstall. Nantinya akan muncul jendela pop-up yang memperlihatkan beberapa opsi. Pilih opsi "App info". Lalu, klik "Uninstall".

Nah, cara alternatif lain untuk uninstall aplikasi adalah melalui toko Google Play Store untuk aplikasi yang didapatkan dari sana. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Google Play Store
  • Klik profil yang ada di pojok kanan atas layar
  • Pilih "Manage apps & device"
  • Klik "Manage"
  • Di bagian tab "Installed", tandai aplikasi mana saja yang ingin dihapus
  • Lalu, klik ikon tempat sampah di sudut kanan atas layar
  • Terakhir, konfirmasi dengan klik "Uninstall".

Nah itu dia tiga cara yang bisa digunakan untuk menghapus aplikasi yang ada di ponsel Android. Cara manakah yang sering Anda gunakan?

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/19/12200067/3-cara-untuk-hapus-aplikasi-di-ponsel-android

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke