Salin Artikel

Instagram Stories Kini Bisa Terjemahkan Teks Bahasa Asing

"Saat Anda melihat sebuah Stories dengan teks, Anda akan mendapat pemberitahuan 'lihat terjemahan' jika bahasa yang Anda berbeda dengan bahasa yang ada di dalam Stories. Fitur ini sudah ada di feed, profil, dan komentar, dan saya senang membawanya ke Stories," tulis Mosseri.

Seperti dikatakan Mosseri, fitur terjemahan sejatinya sudah ada di Instagram. Namun, baru tersedia untuk menerjemahkan takarir (caption) yang ditulis di feed maupun komentar.

Fitur terjemahan di Instagram Story ini sama seperti terjemahan untuk feed. Fitur ini akan menerjemahkan teks secara otomatis. Terjemahan akan mengikuti pengaturan bahasa yang terpasang di aplikasi Instagram.

Jika fitur mendeteksi adanya bahasa yang berbeda dengan bahasa pengaturan aplikasi, maka fitur "see translation" (lihat terjemahan) akan muncul di sisi atas layar, tepat di bawah username.

Sebagai contoh, pengguna memasang pengaturan bahasa Inggris untuk aplikasi Instagram. Maka, jika nanti menemukan Instagram Story dengan teks dalam Bahasa Indonesia, akan muncul opsi "see translation".

Cukup klik opsi tersebut untuk melihat hasil terjemahan teks berbahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris yang muncul dalam pop-up di bagian bawah layar.

Untuk pengaturan bahasa di aplikasi Instagram bisa dilakukan dengan cara buka profil > pengaturan > akun > bahasa > pilih bahasa yang dikehendaki.

Fitur terjemahan Instagram Story diklaim akan mendukung lebih dari 90 bahasa di dunia.

Perlu diingat bahwa fitur ini hanya menerjemahkan teks yang diketik seperti caption, bukan teks dalam gambar atau video.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (22/7/2021), fitur ini baru bisa dinikmati oleh pengguna iOS saja. 

Kepada The Verge, Instagram juga mengatakan fitur terjemahan yang ada saat ini belum tersedia dalam bentuk audio.

Belum diketahui kapan pengguna Android akan kebagian fitur ini secara resmi.

Meski demikian, dari pantauan KompasTekno, beberapa pengguna Android versi beta juga sudah mendapatkan fitur terjemahan.

Itu artinya, peluncuran untuk pengguna Android kemungkinan tidak akan lama lagi.

Instagram kabarnya juga menyipakan fitur baru lainnya untuk Instagram Stories. Salah satunya adalah fitur yang mirip Super Follow milik Twitter.

Menurut pembocor fitur Alessandro Paluzzi, fitur itu memungkinkan adanya konsep berlangganan, di mana hanya pelanggan suatu akun saja yang bisa melihat dan membalas Instagram Story milik kreator konten.

Saat konten kreator membuat Instagram Story ekslusif pertamanya, Instagram akan menyarankan kreator untuk menyimpannya di sorotan agar bisa dilihat ulang oleh penggemar.
Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis secara resmi.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/22/08050017/instagram-stories-kini-bisa-terjemahkan-teks-bahasa-asing

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.