Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Zuckerberg Ungkap Konten yang Makin Diminati Pengguna Facebook

Hal ini diungkap langsung oleh pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, baru-baru ini.

"Video sekarang menyumbang hampir setengah dari total waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook," kata Zuckerberg dalam pemaparan laporan keuangan perusahaan kuartal II-2021, baru-baru ini.

Kendati demikian, Zuckerberg tidak memberikan informasi spesifik berapa sebenarnya total waktu yang dihabiskan pengguna di platformnya.

Namun, sebagai gambaran, menurut data di situs Oberlo, pengguna di Amerika Serikat (AS) sendiri rata-rata menghabiskan 35 menit dalam sehari untuk mengakses Facebook pada 2020.

Sementara pada 2021 ini, pengguna AS diestimasikan menghabiskan waktu 33 menit di platform Facebook. Itu baru angka di wilayah AS, belum secara global.

Selain itu, konten video, terutama video pendek, juga semakin bersemi di platform Instagram. Indikasinya, menurut Zuckerberg, fitur video pendek Reels ini menjadi penyumbang terbesar untuk pertumbuhan engagement di Instagram itu sendiri.

Di samping itu, sedikit membahas bisnis Facebook, pada kuartal II-2021 ini, Facebook mencatatkan pertumbuhan pendapatan kuartal terkuatnya dalam beberapa tahun terakhir.

Pendapatan Facebook pada periode ini tercatat lebih dari 29 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 420 miliar. Angka ini naik 56 persen dibandingkan pendapatan Facebook di periode yang sama tahun 2020.

Perusahaan juga melaporkan ada lebih dari 3,5 miliar pengguna aktif bulanan di Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Kamis (29/7/2021).

Insentif untuk kreator

Facebook sendiri saat ini tengah berupaya menjaring lebih banyak kreator ke jejaring sosial miliknya dengan menjanjikan adanya bayaran dari Facebook dengan total Rp 14,5 triliun.

Pengumuman soal bayaran langsung ini disampaikan langsung oleh Zuckerberg dalam sebuah posting yang diunggah ke akun Facebook miliknya, pada pertengahan Juli ini.

"Kami menggelar program-program baru untuk menginvestasikan lebih dari 1 miliar dollar AS sebagai penghargaan kreator yang membuat konten bagus di Facebook dan Instagram hingga 2022," tulis Zuckerberg.

Menurut informasi yang dihimpun dari New York Times, nantinya kreator bisa mendapatkan bayaran uang dengan menggunakan fitur tertentu di Facebook dan Instagram, atau dengan mencapai milestone tertentu.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/29/19310047/zuckerberg-ungkap-konten-yang-makin-diminati-pengguna-facebook-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.