Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Tendang Pengembang Aplikasi yang Malas dari Play Store

KOMPAS.com - Pekan ini, Google merilis kebijakan baru di toko aplikasi Play Store menyangkut soal pembersihan akun-akun pengembang (developer) aplikasi yang "terbengkalai", alias sudah tidak aktif.

Google akan menutup akun milik pengembang aplikasi yang malas, yang sudah tidak aktif selama kurang lebih satu tahun, seperti mengunggah aplikasi baru atau tidak pernah lagi mengakses akun Google Play Console dalam satu tahun.

Menurut Google, kebijakan ini bertujuan untuk menjaga ekosistem Play Store agar tetap menjadi platform penyedia aplikasi Android yang aman.

Sebab, Google menganggap aplikasi yang aman adalah yang selalu dijaga (maintain) oleh pengembang. Untuk me-maintain aplikasi tersebut, pengembang mesti melakukannya melalui Google Play Console.

Sebagai informasi, Google Play Console adalah akun khusus developer untuk mempublikasikan aplikasi mobile di platform Android.

Di sisi lain, Google tidak akan menutup akun pengembang aplikasi di Play Store yang memiliki jumlah unduhan 1.000 instalasi ke atas, atau yang masih menerima transaksi pembelian dalam aplikasi (in-app purchase) dalam jangka 90 hari terakhir.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Google, Jumat (30/7/2021), kebijakan baru ini mulai berlaku pada 1 September 2021.

Bagi pengembang yang akunnya ditutup, mereka tetap bisa membuat akun baru di masa mendatang.

Namun, pengembang yang terdampak kebijakan ini, sudah tidak bisa lagi mengaktifkan aplikasi buatan mereka sebelumnya, mengaktifkan akun lama, atau mengakses data lainnya.

Informasi selengkapnya terkait panduan untuk membuat akun Google Play Console, bisa disimak melalui situs resmi Android Developers di tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/30/11050047/google-tendang-pengembang-aplikasi-yang-malas-dari-play-store

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke