Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Chromebook Acer, Asus, Axioo, Dell, HP, Lenovo, Samsung, dan Zyrex

Ratusan ribu unit perangkat tersebut nantinya akan dibagikan untuk menunjang kegiatan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK, SKB, dan PKBM di Indonesia.

Apabila mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2021 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021, tercantum bahwa laptop tersebut dibekali dengan sistem operasi ChromeOS atau lebih dikenal sebagai perangkat Chromebook.

Pengadaan laptop ini kemudian menjadi perbincangan di dunia maya. Pasalnya, warganet melakukan perhitungan kasar untuk harga perangkat berdasarkan alokasi pengadaan tersebut.

Bila dihitung secara kasar, harga per unit dari perangkat tersebut adalah Rp 10 juta. Hal inilah yang kemudian memicu perbincangan di dunia maya. Warganet yang menilai spesifikasinya terlalu rendah.

Berdasarkan penelusuran KompasTekno, Sabtu (31/7/2021), ada sejumlah vendor laptop yang memasarkan produk Chromebook di Indonesia, mulai dari Acer, Asus, Axioo, Dell, HP, Lenovo, Zyrex, dan lain sebagainya.

Harga Chromebook di Indonesia bisa disimak dalam daftar berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs web dan kanal penjualan resmi berbagai vendor laptop.

Perlu dicatat, daftar harga Chromebook ini juga kami ambil dari sejumlah toko komputer resmi atau berlabel "Official Store" di sejumlah marketplace lokal seperti Bhinneka, Tokopedia, dan lain-lain.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/31/18270007/harga-chromebook-acer-asus-axioo-dell-hp-lenovo-samsung-dan-zyrex

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.