Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Geser Samsung, Xiaomi Jadi Ponsel Nomor Satu di Eropa

Menurut firma riset Strategy Analytics, Xiaomi memimpin dengan perolehan pangsa pasar sebesar 25,3 persen dengan mengirimkan lebih dari 12,7 juta unit ponsel.

Tercatat bahwa Xiaomi mengalami peningkatan sebesar 67 persen dibandingkan kuartal II tahun lalu (year over year/YoY).

Menurut Director Strategy Analytics, Boris Metodiev, pertumbuhan yang dialami Xiaomi senantiasa dipengaruhi oleh tingginya permintaan ponsel seri Mi dan Redmi di sejumlah negara di Eropa.

"Xiaomi mengalami kesuksesan besar di Rusia, Ukraina, Spanyol, Italia serta sejumlah negara lain dan (Xiaomi) sudah menemukan pelanggan yang menginginkan seri Mi dan Redmi yang kaya fitur dan memiliki nilai jual," tutur Metodiev.

Pencapaian yang diraih Xiaomi bisa dibilang menakjubkan. Vendor smartphone asal China itu bahkan sukses menyalip Samsung yang justru mengalami penurunan 7 persen secara YoY.

Jumlah pangsa pasar Samsung dilaporkan berhasil menembus angka 24 persen dengan total pengapalan sebanyak 12 juta unit ponsel.

Menyusul di bawah Xiaomi dan Samsung, terdapat vendor lain yang turut meraih perolehan pangsa pasar tinggi di Eropa sepanjang Q2 2021.

Adapun peringkat ketiga diisi oleh Apple dengan pangsa pasar 19,2 persen dan total pengapalan sebanyak 9,6 juta unit ponsel.

Posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh Oppo dan Apple. Dengan pangsa pasar 5,6 persen, Oppo telah mengapalkan sebanyak 2,8 juta unit ponsel.

Sementara itu, Realme mengekor di belakang dengan pangsa pasar 3,8 persen dan total pengapalan 1,9 juta unit ponsel.

Realme berhasil merangkak ke posisi kelima setelah mengalami pertumbuhan tertinggi di kuartal II-2021, yakni sebesar 1.800 persen.

Secara keseluruhan, jumlah ponsel yang sudah dipasarkan di Eropa sepanjang kuartal II-2021 telah mencapai 50,1 juta unit ponsel dengan pertumbuhan pangsa pasar sebanyak 14,4 persen.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak tabel berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Strategy Analytics, Rabu (4/8/2021).

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/04/08055617/geser-samsung-xiaomi-jadi-ponsel-nomor-satu-di-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke