Salin Artikel

Review Samsung Galaxy A22 5G, Baterai Awet untuk Pemakaian Sehari-hari

Samsung membanderol Galaxy A22 5G seharga Rp 3.299.000. Dengan banderol tersebut, Galaxy A22 5G menjadi ponsel 5G dari Samsung yang paling murah.

Ponsel ini juga merupakan penerus dari Galaxy A21 yang dirilis pada April 2020. Sebagai suksesor, Galaxy A22 5G membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya.

KompasTekno berkesempatan untuk menggunakan ponsel Galaxy A22 5G ini selama sekitar satu bulan. Lantas, bagaimana performa Galaxy A22 5G setelah satu bulan pemakaian?

Bobotnya pun hanya seberat 203 gram. Hal ini membuat kami merasa nyaman dan tidak pegal saat menggunakan ponsel dalam durasi yang cukup lama.

Terlebih, saat ponsel ini digunakan untuk mengambil gambar atau video dengan mengandalkan satu tangan.

Galaxy A22 5G juga memiliki bodi yang cukup ramping dengan dimensi 167,2 x 76,4 x 9 mm. Karena ukurannya yang lumayan tipis, ponsel ini nampak ringkas ketika dimasukkan ke dalam kantong jaket atau celana.

Galaxy A22 5G mengadopsi desain Infinity-V atau layar dengan takik berbentuk huruf "V", sebagai rumah kamera depan beresolusi 8 MP (f/2.0).

Jika dilihat secara keseluruhan, bingkai layar di sisi kiri, kanan, dan atas terbilang cukup tipis. Sementara bagian bawahnya masih sedikit lebih tebal.

Meski belum dibekali dengan panel AMOLED dan refresh rate 120Hz, namun, layar Galaxy A22 5G masih nikmat untuk dipandang.

Di bawah sinar terik matahari, konten yang ditampilkan di layar ponsel juga masih bisa dilihat dengan jelas.

Ketika dipakai, layar ponsel ini terbilang nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti menonton film atau membuka media sosial.

Akan tetapi, tingkat sensitivitas layar saat menggulir media sosial atau artikel lewat ponsel masih belum terlalu mulus.

Punggung ponsel tersebut terlihat menyerupai kaca karena dapat membuat refleksi cahaya. Namun, cangkang ponsel ini sebenarnya berbahan plastik polikarbonat, bukan kaca.

Saat digenggam, sidik jari masih bisa membekas di punggung Galaxy A22 5G, apalagi jika tangan dalam kondisi berkeringat.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan casing ponsel agar sidik jari tidak meninggalkan bekas di bodi belakang.

Galaxy A22 5G sendiri dibekali dengan tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 48 MP (wide), 5 MP (ultrawide) dan 2 MP (depth). Kamera utama 48 MP mampu menjepret objek yang cukup detail, baik di sore hari maupun di malam hari.

Kami coba mengambil tiga foto dengan kamera utama 48 MP. Foto pertama yang kami ambil yaitu suasana alam di sore hari. Warna yang dihasilkan sesuai dengan kondisi nyata dan kualitasnya juga jernih.

Selanjutnya, kami menangkap objek nasi goreng dengan mode pemotretan "Food". Mode ini memang dikhususkan untuk menangkap foto makanan agar terlihat lebih detail.

Hasilnya juga bisa dibilang lumayan tajam. Namun, hasil fotonya sedikit mengubah warna asli dari objek dan nasi goreng tersebut tampak menjadi lebih cokelat tua.

Lalu yang terakhir adalah foto kondisi di dalam ruangan saat malam hari. Foto ini kami ambil saat berkunjung ke sebuah outlet makanan yang lokasinya di dalam ruangan. Meski dalam kondisi minim cahaya, namun warna dari sekeliling objek tetap terlihat jernih dan nyata.

Performa ponsel

Beralih ke aspek performa, Galaxy A22 5G ditenagai oleh chip MediaTek Dimensity 700 (7nm) yang terintegrasi dengan modem 5G.

Chip tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB yang bisa diperluas hingga 1 TB melalui slot microSD.

Sistem operasinya adalah Android 11 yang dipoles dengan tampilan antarmuka OneUI Core 3.1 khas Samsung.

Dengan kombinasi jeroan dan software tersebut, ponsel ini tidak terlalu panas meski digunakan secara aktif selama kurang lebih 3 jam.

Untuk kinerja multitasking, penggunaan media sosial dan aplikasi bukan game, Galaxy A22 5G ini bisa dibilang mampu menjalankan semua tugas dengan lancar.

Ketika membuka Instagram, TikTok, Spotify, Youtube, dan beberapa aplikasi lainnya secara bersamaan, ponsel masih bisa berjalan tanpa tersendat.

Namun, saat dipakai untuk mengedit foto melalui aplikasi, prosesnya menjadi agak lambat. Misalnya, jika menerapkan filter atau mengatur komposisi gambar, perpindahan antar komponen editing ini bisa dibilang tidak gesit.

Baterai jumbo dan awet

Dari segi daya, ponsel dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh ini bisa digunakan untuk bermain media sosial sekitar 5 jam dalam sehari.

Sementara untuk bermain game ringan seperti Temple Run atau Fruit Ninja, baterainya juga hanya berkurang sedikit yaitu sekitar 30 persen selama 2 jam pemakaian (dari 100 persen).

Jika baterai ponsel dalam kondisi penuh, Galaxy A22 5G bisa bertahan selama 18 jam. Akan tetapi, hal tersebut bergantung pada aplikasi yang sedang berjalan di ponsel. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka semakin boros baterai yang digunakan.

Proses pengecasannya pun terbilang cepat. Jika kondisi baterai kurang dari 10 persen, pengisian hingga penuh (100 persen) hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam. Hal ini dimungkinkan berkat keberadaan fitur Fast Charging 15 Watt.

Secara keseluruhan, Galaxy A22 5G bisa dibilang cocok untuk mereka yang membutuhkan ponsel seharga Rp 3 jutaan dengan kamera mumpuni, daya tahan baterai yang menunjang untuk aktivitas seharian, serta yang tidak keberatan dengan absennya fitur NFC.

Untuk melihat wujud serta isi box pembelian Samsung Galaxy A22 5G dari dekat, silakan simak selengkapnya di tautan galeri berikut ini

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/08/13030017/review-samsung-galaxy-a22-5g-baterai-awet-untuk-pemakaian-sehari-hari

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.