Salin Artikel

Apa Itu WhastApp Web dan WhatsApp Desktop, Bagaimana Cara Memakainya?

Namun, bagi Anda yang sering sering beraktivitas di depan layar komputer tentu sangat merepotkan untuk mengakses perangkat PC sekaligus menggunakan ponsel untuk mengirim pesan WhatsApp.

Kabar baiknya, WhatsApp menyediakan sebuah solusi untuk meningkatkan koordinasi layanan mereka dengan perangkat komputer, yakni melalui WhatsApp Web.

Apa itu WhatsApp Web

Lalu apa itu WhatsApp Web? WhatsApp Web merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan WhatsApp di browser internet komputer, baik laptop maupun desktop.

Pengguna dapat mengirim dan membaca pesan secara langsung dari peramban (web browser) di komputer laptop/desktop, setelah mengaktifkan aplikasi WhatsApp di ponsel mereka.

Hal ini perlu dilakukan karena WhatsApp Web menggunakan mekanisme mirroring dari aplikasi WhatsApp yang terpasang pada ponsel pengguna. Perlu diingat bahwa WhatsApp sejatinya adalah aplikasi berbasis mobile.

Semua pesan terikat ke nomor telepon pengguna dan hanya disimpan secara lokal di ponsel, bukan di server WhatsApp. Oleh sebab itu, WhatsApp Web perlu mengambil pesan-pesan dari ponsel.

Ketika ponsel mati, maka WhatsApp Web akan secara otomatis berhenti menerima pesan. Pengguna juga tidak dapat mengirim pesan melalui layanan berbasis web ini.

Apa itu WhatsApp Desktop

Selain WhatsApp Web, terdapat cara lain untuk mengakses layanan WhatsApp di luar perangkat ponsel, yakni dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop. Apa itu WhatsApp Desktop?

Secara keseluruhan, WhatsApp Desktop mengadopsi cara kerja yang serupa dengan WhatsApp Web. Beragam aspek lain seperti desain, tampilan antarmuka, hingga fitur yang tersedia sama persis dengan WhatsApp Web.

Bedanya, WhatsApp Desktop memiliki aplikasi tersendiri yang dapat dipasang (install) pada PC atau laptop berbasis Windows dan Mac. Sehingga dalam penggunaannya, WhatsApp Desktop tidak jadi satu dengan web browser.

WhatsApp bahkan memungkinkan pengguna untuk menghubungkan satu akun ke beberapa perangkat sekaligus, meski baru tersedia untuk WhatsApp versi Beta saja.

Lalu, bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web dan WhasApp Desktop di PC dan laptop? Untuk mengetahui caranya, silakan simak langkah-langkah di bawah ini.

Cara memakai WhatsApp Web

Pertama, buka web browser di PC atau laptop Anda dan ketik URL https://web.whatsapp.com. Akan muncul sebuah kode QR pada layar PC atau laptop Anda.

Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dan pilih ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan aplikasi.

Untuk pengguna Android, pilih opsi Linked devices dan klik tombol Link a device untuk mengaktifkan kamera pemindai (scanner) kode QR.

Sementara khusus untuk pengguna iOS dapat memilih menu settings di pojok kanan bawah (ikon roda gigi), lalu pilih menu Link a device > OK.

Setiap kali log-in ke WhatsApp Web melalui perangkat baru, Anda akan diminta untuk melakukan otentikasi biometrik berupa sidik jari atau wajah melalui ponsel.

Selanjutnya, arahkan kamera pemindai yang ada di ponsel ke kode QR yang muncul di website WhatsApp Web tadi.

Setelah itu, WhatsApp di ponsel akan terhubung dan sinkron secara otomatis dengan WhatsApp web di komputer.

Untuk keluar (log-out) dari WhatsApp Web, Anda dapat memilih ikon tiga titik yang terdapat pada WhatsApp Web dan klik menu Log out.

Pengguna bisa mengulang langkah di atas apabila ingin masuk dan kembali mengakses WhatsApp Web.

Cara memakai WhatsApp Desktop

Berbeda dengan WhatsApp Web, Anda wajib mengunduh aplikasi WhatsApp Desktop terlebih dulu melalui tautan berikut.

Perlu diperhatikan bahwa WhatsApp Desktop dapat bekerja pada PC atau laptop berbasis sistem operasi (OS) minimal Windows 8.1 dan macOS 10.10.

Berikut adalah cara menghubungkan WhatsApp Desktop dengan WhatsApp ponsel Android:

  • Buka WhatsApp melalui ponsel Anda dan pilih ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan aplikasi
  • Pilih opsi Linked devices dan klik tombol Link a device. Arahkan pemindai (scanner) kode QR di ponsel Anda ke kode QR yang terpampang di aplikasi WhatsApp Desktop
  • Sementara pengguna iOS dapat memilih menu settings di pojok kanan bawah (ikon roda gigi), lalu pilih menu Link a Device > OK

Proses log-out dapat dilakukan dengan memilih ikon tiga titik yang terdapat pada WhatsApp Desktop dan klik Log out.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/09/19020007/apa-itu-whastapp-web-dan-whatsapp-desktop-bagaimana-cara-memakainya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.