Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal YoWhatsApp, Kelebihan dan Risiko Menggunakan Mod Ini

Namun belakangan ini ada banyak aplikasi WhatsApp hasil modifikasi bermunculan, atau kerap disebut sebagai WhatsApp Mod. Aplikasi tersebut membawa fitur yang bahkan tidak ditemukan di aplikasi WhatsApp resmi.

Ada beberapa nama aplikasi WhatsApp hasil modifikasi beredar di dunia maya. Salah satunya adalah YoWhatsApp.

YoWhatsApp serupa dengan WhatsApp GB atau WhatsApp Plus. Aplikasi WhatsApp ini dikembangkan oleh pihak ketiga, alias bukan aplikasi resmi dari pihak WhatsApp.

Menurut laman YoWhatsApp atau yang juga disebut sebagai YoWA, awalnya dikembangkan oleh Yousef Al-Basha.

Namun, saat ini pengembangan aplikasi WhatsApp modifikasi itu diambil alih oleh Fouad Mokdad.

Fouad Mokdad sendiri diketahui juga mengembangkan aplikasi WhatsApp Mod lainnya, bernama FMWhatsApp.

Karena tidak resmi, pengguna tidak akan menemukan aplikasi YoWhatsApp di toko aplikasi Google Play Store, ataupun Apple App Store. Pengguna hanya bisa mengunduh YoWhatsApp lewat file APK dari situs pengembangnya saja.

Berdasarkan informasi di laman YoWhatsApp, saat ini aplikasi tersebut sudah memasuki versi 8.86 dengan update terakhir pada 30 April 2021.

YoWhatsApp  diklaim sudah diunduh sebanyak lebih dari 13,8 juta kali. Lantas apa yang membuat YoWhatsApp istimewa dan banyak diunduh?

Kelebihan YoWhatsApp

YoWhatsApp sendiri menawarkan setidaknya delapan fitur unggulan. Beberapa di antaranya memang absen pada aplikasi WhatsApp versi resmi.

Pertama, mengubah tema. Selama ini, WhatsApp versi resmi memang hanya memiliki satu tema default berwarna hijau yang menjadi ciri khasnya. Di YoWhatsApp, pengguna bisa mengubah tema default hijau itu dengan warna lainnya.

Kedua, mengirim video lebih panjang. Sejauh ini, pengguna WhatsApp resmi hanya bisa mengirimkan video dengan ukuran maksimal 100 MB. Sementara di aplikasi YoWhatsApp, pengguna disebut bisa mengirim video hingga 700 MB.

Ketiga, YoWA menyediakan kunci aplikasi (lock app) bawaan dengan PIN, pola, atau fingerprint. Ini membuat pengguna tak perlu repot mengunduh lock app pihak ketiga untuk mengamankan chat di aplikasi WhatsApp miliknya.

Keempat, sembunyikan status online. Aplikasi YoWA menawarkan fitur bernama freeze last seen. Fitur ini memungkinkan pengguna berhenti menampilkan informasi terkait waktu kapan terakhir kali pengguna online, atau membuka WhatsApp miliknya.

Kelima, tawarkan privasi khusus lainnya. Misalnya, pengguna bisa menyembunyikan tanda dua centang (pesan terkirim) dan dua centang biru (pesan sudah dibaca).

Keenam, aplikasi ganda. Pengguna bisa menggunakan dua akun berbeda di satu ponsel yang sama. Sebenarnya, WhatsApp versi resmi di sejumlah ponsel Android juga memiliki fitur ini.

Ketujuh, YoWhatsApp tidak memerlukan rooting pada ponsel. Kebanyakan aplikasi WhatsApp modifikasi mengharuskan proses rooting dilakukan pada ponsel, agar aplikasi bisa berjalan mulus.

Kedelapan, YoWA disebut memiliki emoji bawaan yang lebih beragam dan pengguna bisa dengan mudah mengunduh paket emoji di situs YoWhatsApp.

Fitur lainnya termasuk bisa mengirim video GIF hingga 30 detik, pin 1.000 chat, sembunyikan nama kontak, fitur anti-delete chat maupun story, dan lainnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs YoWA Yousef, Selasa (10/8/2021).

Risiko menggunakan YoWhatsApp

Meski menawarkan beberapa layanan yang absen pada aplikasi versi resmi, sebenarnya aplikasi WhatsApp modifikasi seperti YoWhatsApp ini juga memiliki beberapa risiko.

1. Akun bisa diblokir permanen

Pihak WhatsApp sendiri sudah mengetahui keberadaan sejumlah aplikasi WhatsApp modifikasi ini, dan menyadari bahwa sejumlah penggunanya telah menggunakan versi WhatsApp yang tak resmi itu.

Untuk itu, WhatsApp dengan tegas mengatakan bahwa aplikasi WhatsApp modifikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga itu tidak resmi dan melanggar Ketentuan Layanan WhatsApp.

Di laman FAQ resmi, WhatsApp juga mengancam pengguna yang bandel menggunakan aplikasi WhatsApp Mod seperti WhatsApp GB dan WhatsApp Plus, bakal diblokir secara bertahap. Mulai pemblokiran sementara hingga permanen.

Meski nama aplikasi YoWhatsApp tak disebutkan di laman FAQ tersebut, pengguna yang menggunakan YoWhatsApp tetap berpotensi untuk diblokir. Mengingat aplikasi tersebut juga merupakan WhatsApp modifikasi.

2. Percakapan rentan diintip

Alasan WhatsApp melarang penggunaan WhatsApp modifikasi ialah karena keamanannya yang tak terjamin.

Selama ini, WhatsApp selalu mengedepankan fitur keamanan enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end) pada seluruh percakapan pengguna di WhatsApp.

Dengan adanya fitur enkripsi ujung-ke-ujung itu, seluruh percakapan pengguna di WhatsApp disebutkan tak akan bisa diintip oleh pihak lain, termasuk oleh pihak WhatsApp sendiri.

Nah, di laman FAQ, WhatsApp mengatakan tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena pihaknya tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya.

3. Ancaman malware

Risiko lain bila menggunakan WhatsApp modifikasi seperti YoWhatsApp ini ialah ancaman aplikasi disusupi atau ditanami software berbahaya (malware).

Dirangkum KompasTekno dari Tech Maish, WhatsApp GB lebih berisiko membawa malware dan spyware.

Pasalnya, pengguna harus mengunduh aplikasi melalui file APK di situs tertentu, bukan melalui toko aplikasi resmi.

Situs tempat pengguna mengunduh file APK WhatsApp Mod ini kemungkinan bisa menanamkan malware pada file APK tersebut.

Apabila malware yang ditanamkan berjenis spyware, maka aplikasi bisa sekaligus mencuri data milik pengguna di ponsel tersebut, seperti mencuri kata sandi, PIN, percakapan pengguna, e-mail, dan lainnya.

Ini berbeda bila pengguna mengunduh aplikasi WhatsApp resmi di toko aplikasi, seperti di Google Play Store misalnya.

Di toko aplikasi ponsel Android itu, Google secara khusus menghadirkan teknologi bernama Google Play Protect.

Teknologi ini berperan untuk melakukan pemindaian atau scanning pada seluruh aplikasi yang ada di toko aplikasi Google Play Store, terkait kemungkinan adanya malware atau masalah lainnya.

Menurut Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf, Google Play Protect melakukan scanning terhadap 100 miliar aplikasi yang ada di toko aplikasi, setiap harinya.

Itu dia kelebihan dan risiko bila menggunakan WhatsApp modifikasi seperti YoWhatsApp. Kalian tetap ingin menggunakan WhatsApp modifikasi?

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/10/16053577/mengenal-yowhatsapp-kelebihan-dan-risiko-menggunakan-mod-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke