Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Reno5 Sudah Bisa 5G di Indonesia, Begini Cara Mengaktifkannya

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto menyampaikan bahwa pembaruan ini akan membuka opsi penggunaan jaringan 5G sekaligus memperbarui Android Security Patch pada ponsel Reno5.

"Pengguna cukup memeriksa rutin melalui pengaturan perangkat untuk mendapat pembaruan. Besaran file yang diunduh sekitar 300 MB lebih," ujar Aryo dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (10/8/2021).

Bagi pengguna Reno5 yang tertarik untuk membuka kunci 5G dapat mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara unlock 5G Oppo Reno5

  • Pertama, buka menu "Settings" dan gulir ke bawah hingga terdapat opsi "Software Update".

  • Selanjutnya, klik opsi tersebut dan pastikan versi ColorOS sudah diperbarui ke versi terbarunya. Update tersebut akan memerlukan sekitar 300 MB ruang penyimpanan.

  • Setelah update rampung, kembali ke menu "Settings" dan pilih "SIM card & Mobile data".

  • Pada opsi Smart 5G, geser toggle ke kanan hingga opsi tersebut aktif.

  • Terakhir, pada menu "Preferred network type" pilih opsi "5G" untuk mengaktifkan akses jaringan 5G pada ponsel.

Meski jaringan 5G telah dibuka, Aryo mengimbau bahwa akses ini hanya berlaku pada pengguna yang berada di wilayah yang sudah menggelar jaringan 5G.

Pada tahap awal, layanan 5G yang digelar oleh Telkomsel tersedia di enam titik di Jakarta, mencakup wilayah Pantai Indah Kapuk (PIK), Pondok Indah, Kelapa Gading, perumahan Widya Chandra, serta wilayah dan Tangerang Selatan seperti Bumi Serpong Damai (BSD) dan Alam Sutera.

Untuk mengetahui wilayah yang sudah menggelar jaringan generasi kelima ini, pengguna disarankan untuk mengunjungi situs masing–masing operator untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Selain membuka jaringan 5G, update ini turut membawa sejumlah perbaikan yang mencakup peningkatan stabilitas aplikasi kamera, perbaikan isu crash pada aplikasi, optimasi fitur gesture, meningkatkan akurasi penghitungan langkah, serta meningkatkan keberhasilan fitur clone phone.

Oppo Reno5 merupakan salah satu perangkat pertama Oppo yang sudah mendukung jaringan 5G. Ponsel yang diperkenalkan sejak awal tahun 2021 ini mengunggulkan sektor dapur pacunya yang sudah ditenagai dengan Smapdragon 765G.

Ponsel ini hadir dengan konfigurasi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Selain dari segi hardware, ponsel ini juga menawarkan nilai jual dari sekktor kameranya.

Reno 5 dilengkapi dengan empat buah kamera yang terdiri dari kamera utama 64MP (f/1.7), kamera ultra wide 8MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera mono 2 MP (f/2.4). Untuk memenuhi kebutuhan selfie, ada kamera depan beresolusi 44 MP.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/10/17130087/oppo-reno5-sudah-bisa-5g-di-indonesia-begini-cara-mengaktifkannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke