Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna Instagram Bisa Batasi DM atau Komentar Orang Tak Dikenal

Diberi nama Limits, fitur ini dihadirkan untuk mengurangi masalah perundungan pada kreator konten atau pesohor di platform tersebut, yang biasanya membeludak ketika mereka tengah menjadi bahan perbincangan.

"Riset internal kami menunjukkan bahwa banyak DM atau komentar negatif yang dilontarkan ke para akun pesohor, yang ternyata berasal orang yang tidak mengikuti mereka, orang yang baru mengikuti mereka, serta pengguna umum yang hanya ikut-ikutan saja," tulis Head of Instagram, Adam Mosseri dalam sebuah pengumuman.

"Kami melihat kejadian ini setelah ajang Euro 2020, di mana ada isu perundungan dan rasisme terhadap sejumlah pemain dari tim yang mengikuti kompetisi sepak bola tersebut," imbuh Mosseri.

Melalui fitur Limits, Instagram secara otomatis akan menyembunyikan DM atau komentar dari orang yang tidak mengikuti (follow) seorang pengguna dan orang yang baru mem-follow mereka dalam satu minggu ke belakang.

Fitur ini sendiri bisa diaktifkan di menu "Settings" > "Privacy" > "Limits". Di sana, pengguna juga bisa mengatur durasi pembatasan DM atau komentar dari orang-orang yang tak dikenal, mulai dari satu hari hingga empat minggu.

Perlu dicatat, Limits sendiri hanya akan menyembunyikan pesan atau komentar yang masuk, bukan memblokirnya. Pengguna pun sejatinya bisa melihat isi pesan atau menayangkan komentar dari orang misterius tersebut, apabila mereka menyetujuinya.

Untuk ketersediaan, fitur Limits sudah disebar secara global mulai hari ini. Pantauan KompasTekno, Kamis (12/8/2021), fitur itu sudah bisa dijajal di Indonesia melalui menu Privacy, di aplikasi Instagram masing-masing pengguna.

Meski fitur ini bisa diaktifkan secara mandiri tanpa paksaan, Mosseri mengatakan Instagram bakal mencari cara untuk mengingatkan pengguna agar mereka mengaktifkan fitur Limits, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari FB.com, Kamis (12/8/2021).

Pengingat tersebut akan bisa dilihat apabila pengguna tiba-tiba diserbu oleh banyak DM atau komentar dari orang tidak dikenal, di postingan yang telah mereka unggah.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/12/10020097/pengguna-instagram-bisa-batasi-dm-atau-komentar-orang-tak-dikenal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke