Salin Artikel

Kesan Pertama Menjajal Galaxy Z Flip 3, Ponsel Lipat Mini Terbaru Samsung

KOMPAS.com - Lebih kurang satu setengah tahun setelah kemunculan Galaxy Z Flip, Samsung kini secara resmi memperkenalkan penerus perangkat ponsel lipat bergaya clamshell tersebut. Namanya, Galaxy Z Flip 3.

Angka "3" di sini mungkin membuat bingung. Sebab, sebelumnya tidak ada Galaxy Z Flip 2. Samsung memang sengaja melompati nomor kedua, mungkin agar penamaan Galaxy Z Flip jadi seragam dengan ponsel lipat saudaranya, Galaxy Z Fold 3.

Kemunculan Galaxy Z Flip 3 sebenarnya sudah bisa diterka, karena rumor tentang perangkat ini marak beredar sebelum waktu peluncuran. Demikian juga dengan desain barunya yang sudah banyak diketahui sejak jauh-jauh hari.

Namun, hal itu tak mengurangi kesan yang didapatkan KompasTekno ketika pertama kali menggenggam unit sample dari Galaxy Z Flip 3 (versi non-final).

Galaxy Z Flip 3 tampil lebih cantik dibanding pendahulunya. Jeroannya juga lebih bertenaga, sementara bodinya dirancang lebih tangguh. Secara keseluruhan, ponsel lipat mini generasi kedua ini terkesan lebih matang dibandingkan produk pertama dulu.

Layar kedua lebar, bisa untuk selfie

Salah satu elemen desain yang langsung menarik perhatian dari Galaxy Z Flip 3 adalah, layar sekunder alias Cover Screen di punggung ponsel yang kini ukurannya jauh lebih besar, dengan panel AMOLED berdiagonal 1,9 inci dan resolusi 512 x 260 piksel.

Sebagai perbandingan, dulu Galaxy Z Flip generasi pertama hanya dibekali Cover Screen 1,1 inci (300 x 112 piksel).

Layar sekunder Galaxy Z Flip 3 bisa digunakan untuk menampilkan hal-hal seperti informasi waktu, atau sebagai jendela bidik serupa cermin, untuk membantu pengguna menjepret selfie, atau vlogging dengan kamera belakang, saat ponsel dalam keadaan terlipat.

Samsung Galaxy Z Flip 3 dibekali dua kamera belakang yang diletakkan persis di samping Cover Screen. Masing-masing adalah kamera utama (wide) 12 MP (f./1.8, bidang pandang 78 derajat), dan kamera ultra wide 12 MP (f/2.2, bidang pandang 123 derajat).

Keberadaan layar kedua yang berukuran lebar ini, sekaligus mengubah skema warna Galaxy Z Flip 3 menjadi duo tone. Layar dan kamera termuat di area berwarna hitam dengan finishing glossy di sisi atas, sementara bodi selebihnya berwarna lain.

Perangkat yang dipegang KompasTekno adalah varian warna Cream. Selain itu, ada varian warna Green, Lavender, dan Phantom Black yang semuanya dipastikan akan dipasarkan di Indonesia.

Bodi kokoh dan tahan air

Sebagai ponsel foldable, sajian utama Galaxy Z Flip 3 tentu adalah layar dan bodinya yang bisa dilipat, sehingga menjadi lebih ringkas.

Dalam keadaan terlipat, ukuran perangkat ini terbilang mini, lebih kurang hanya setelapak tangan orang dewasa. Jauh lebih kecil dibandingkan smartphone modern pada umumnya, dan dapat dengan mudah diselipkan di saku baju atau celana.

Ponsel lipat berbobot 183 gram ini memiliki ketebalan hanya 6,9 mm dan panjang 166 mm saat dibentangkan. Ketebalannya bertambah menjadi 15,9 - 17,1 mm saat dilipat, sementara penjangnya menciut jadi 86,4 mm, atau hanya setengah ukuran Galaxy S21 Ultra.

Seperti Galaxy Z Fold, Samsung Galaxy Z Flip 3 tidak benar-benar rapat ketika tertutup, namun meninggalkan sedikit celah di tengah. Tujuannya agar tidak ada debu atau benda lain yang terjepit, sehingga berpotensi menggores layar.

Layar Samsung Galaxy Z Flip 3 menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x dengan diagonal 6,7 inci (2.640 x 1.080 piksel, 120 Hz) dan aspect ratio 22:9, sehingga terlihat lebih memanjang dibandingkan smartphone lain pada umumnya saat dibentangkan.

Samsung menggunakan frame aluminium yang terbagi menjadi dua bagian untuk mengakomodir lipatan layar, dan disatukan oleh engsel yang lumayan tebal di bagian tengah. Punggung perangkat berlapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Walaupun ukurannya relatif mungil, ponsel ini terasa padat dan kokoh di tangan. Mekanisme buka-tutup lipatannya pun terasa solid, sehinga tak terkesan ringkih.

Selain itu, untuk pertama kalinya bagi smartphone lipat, Samsung Galaxy Z Flip 3 memiliki fitur ketahanan terhadap air dengan sertifikasi IPX8. Artinya perangkat ini tahan direndam di air dengan kedalaman hingga 1 meter. Galaxy Z Fold 3 juga memiliki sertifikasi yang sama.

Tenaga Snapdragon 888

Seperti pendahulunya, Galaxy Z Flip 3 tidak menggunakan chip Exynos dari Samsung yang biasa hadir di seri Galaxy S dan Note, melainkan bikinan Qualcomm, kali ini Snapdragon 888 yang merupakan seri chip teratas.

Dipadukan dengan RAM berkapasitas 8 GB, seharusnya Galaxy Z Flip 3 sanggup menghasilkan kinerja setara dengan ponsel-ponsel flagship modern. Pilihan kapasitas storage (UFS 3.1) yang disediakan kini ada dua, yakni 128 GB dan 256 GB.

Spesifikasi lainnya dari ponsel lipat ini mencakup baterai berkapasitas 3.300 mAh, dukungan konektivitas 5G, pemindai sidik jari di samping (menyatu dengan tombol daya), serta sistem operasi Android 11 dengan antarmuka One UI 3.1.1.

Samsung memasarkan Galaxy Z Flip 3 dengan pilihan empat varian warnanya di Indonesia. Harga Samsung Galaxy Z Flip 3 di Indonesia adalah Rp 14.999.000 untuk versi 8 GB/128 GB dan Rp 15.999.000 untuk versi 8 GB/256 GB.

Galaxy Z Flip 3 turut didampingi serangkaian aksesori casing yang didesain khusus oleh Samsung untuk ponsel lipat ini. Antara lain, Aramid Cover, Leather Cover, serta Silicone Cover with Ring dalam beberapa warna.

Ada juga aksesori Silicone Cover with Strap, dengan sabuk yang fungsinya mirip dengan ring, yakni menjaga perangkat agar tak jatuh saat digenggam, tapi lebih stylish dan dilengkapi loop berbahan logam untuk menggantung perangkat.

Masih penasaran? Sosok Samsung Galaxy Z Flip 3 dari berbagai sisi berikut sejumlah aksesori casing pendampingnya bisa dilihat dalam rangkaian foto di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/12/10320057/kesan-pertama-menjajal-galaxy-z-flip-3-ponsel-lipat-mini-terbaru-samsung

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.