Salin Artikel

Memori Internal HP Penuh? Atasi dengan 6 Cara Ini

Alhasil, jika memori HP penuh, pengguna tak lagi dapat menyimpan file foto, video, musik, serta berbagai jenis file lainnya. Memori HP penuh tentu sangat menyebalkan, terlebih ketika Anda sedang melakukan aktivitas penting seperti merekam video atau mengunduh file.

Salah satu cara untuk mengatasi memori HP penuh adalah dengan menambah kapasitas memori menggunakan kartu microSD eksternal. Namun, bagaimana jika memori itu juga sudah maksimal digunakan?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi memori HP penuh, di ponsel Android maupun iOS.

Untuk mengetahui cara untuk mengatasi memori internal ponsel yang penuh, silakan simak beberapa langkah berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WikiHow, Kamis (12/8/2021).

Cari aplikasi yang paling banyak memakan memori

Salah satu cara untuk mengatasi masalah memori HP penuh adalah dengan mencari aplikasi yang rakus memori, dan menghapusnya.

Untuk mencari aplikasi mana yang paling banyak menyita memori internal ponsel, pertama buka menu Settings dan pilih menu About Phone. Selanjutnya, pilih opsi Storage atau Memory.

Perlu diperhatikan bahwa opsi/menu ini akan sedikit berbeda pada setiap model ponsel. Pada artikel ini, KompasTekno menggunakan ponsel Xiaomi Mi 10.

Setelah memilih opsi Storage atau Memory, ponsel akan secara otomatis menampilkan deretan kategori file beserta kapasitas memori yang digunakan. Pilih kategori yang paling banyak menyita memori internal.

Ponsel akan menampilkan daftar aplikasi yang terpasang pada ponsel serta kapasitas memori yang digunakan pada tiap-tiap aplikasi, pilih aplikasi yang tidak diinginkan atau jarang dipakai, lalu menghapusnya.

Hapus aplikasi yang jarang/tidak digunakan

Setelah melihat daftar aplikasi berikut kapasitas memori yang dipakai, Anda dapat menghapus file atau aplikasi yang jarang/tidak lagi digunakan.

Anda juga dapat menghapus file foto, video, musik, serta file lainnya secara manual melalui aplikasi File Manager.

Seentara itu, Anda dapat mencopot pemasangan (uninstall) aplikasi melalui menu Settings kemudian, pilih opsi Apps > Manage Apps.

Pilih aplikasi yang ingin dihapus dan pilih opsi Uninstall. Anda juga bisa memilih opsi sort by usage storage untuk mensortir aplikasi berdasarkan ukurannya.

Bersihkan data cache

Data cache adalah data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori ponsel. Setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan membutuhkan ruang penyimpanan.

Semakin sering digunakan, data cache akan semakin menumpuk. Misalnya saja ketika membuka situs di peramban/browser, sistem akan menyimpan gambar yang dilihat dan menyimpannya di file cache.

Untuk menghapus data cache, silakan pergi ke menu Settings > Apps > Manage Apps.

Selanjutnya cari aplikasi yang paling sering digunakan dan pilih opsi delete cache.

Simpan file di cloud atau memori eksternal

Memori internal memiliki tugas utama untuk menyimpan aplikasi. Untuk mengurangi kapasitas penggunaannya, Anda dapat mengalokasikan gambar, video, serta file lainnya ke memori eksternal atau layanan cloud, seperti Google Drive.

Layanan milik Google ini menyediakan tempat penyimpanan gratis dengan kapasitas hingga 15 GB.

Anda tak perlu khawatir file yang tersimpan akan hilang karena file tersebut dapat diakses sewaktu-waktu menggunakan aplikasi Google Drive.

Streaming lebih dianjurkan

Menonton film di Netflix atau Disney Plus lebih baik dilakukan secara streaming. Hal ini dapat dilakukan untuk mencegah penggunaan memori internal, mengingat satu film atau serial yang diunduh ke ponsel bisa menyita kapasitas penyimpanan hingga ratusan Megabyte (MB).

Hindari aplikasi pembersih RAM

Ketika sedang menjelajah toko aplikasi Google Play Store dan App Store, tak jarang Anda akan menemukan rekomendasi aplikasi yang diklaim dapat mengurangi penggunaan RAM ponsel.

Namun, tidak semua aplikasi ini bisa berjalan dengan baik dan tak jarang justru membebani kinerja ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/13/09550037/memori-internal-hp-penuh-atasi-dengan-6-cara-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.