Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Membandingkan Fitur dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3 Vs Z Fold 2

Galaxy Z Fold3 membawa sejumlah peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan pendahulunya, baik di sektor hardware maupun software. Kabar baiknya, harga Galaxy Z Fold 3 sekarang justru lebih murah dibanding Galaxy Z Fold 2.

Apa saja perbedaan di antara kedua ponsel lipat tersebut? Berikut KompasTekno rangkumkan perbandingan Galaxy Z Fold 3 dengan Galaxy Z Fold 2 dari segi fitur dan spesifikasinya, Minggu (15/8/2021).

1. Modul kamera ramping dan frame kokoh

Sekilas, dari segi desain bodi, dua ponsel ini memang tidak terlalu memiliki perbedaan yang kentara. Baik Galaxy Z Fold 3 maupun Galaxy Z Fold 2 masih mengusung model lipatan seperti membuka/menutup buku.

Namun, perbedaan mulai terlihat di bagian modul kamera persegi panjang yang menjadi rumah dari tiga kamera belakang pada dua ponsel lipat ini.

Meski sama-sama dibekali tiga kamera, modul kamera pada Galaxy Z Fold 3 terlihat lebih ramping, ketimbang Galaxy Z Fold 2. Ini karena, Samsung memindahkan letak lampu flash LED sejajar dengan tiga kamera belakang tersebut.

Galaxy Z Fold 3 juga lebih kokoh karena memiliki bingkai (frame) dan engsel (hinge) Aluminum Armor, yang diklaim 10 persen lebih kuat dibanding generasi sebelumnya.

Cangkang ponsel lipat turut dilindungi dengan kaca Gorilla Glass Victus yang diklaim 50 persen lebih tangguh dibanding Gorilla Glass 6.

Dengan adanya fitur water resistance, ponsel Galaxy Z Fold 3 masih dapat bertahan apabila terjatuh atau terendam di air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Bersama dengan Galaxy Z Flip 3, Galaxy Z Fold 3 pun menjadi ponsel lipat pertama di dunia yang memiliki ketahanan terhadap air.

2. Layar Cover Screen dengan refresh rate 120 Hz

Lini ponsel lipat Galaxy Fold memiliki dua layar, yakni layar utama yang bisa digunakan ketika perangkat dibentangkan, dan layar sekunder alias Cover Screen di bagian luar yang dapat dipakai saat smartphone dilipat.

Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Fold 2 masih sama-sama mengusung layar utama Infinity Flex Display Dynamic AMOLED 2X Display 7,6 inci, beresolusi 2.208x1.768 piksel, dan refresh rate 120 Hz.

Layar sekunder keduanya pun tak jauh berbeda. Galaxy Z Fold 3 memiliki layar sekunder Dynamic AMOLED 2X Display 6,2 inci. Sementara, pendahulunya mengusung layar sekunder Super AMOLED 6,2 inci.

Perbedaan mendasar keduanya terletak pada refresh rate yang didukung oleh layar sekunder di kedua ponsel. Saat diluncurkan pada 2020, layar sekunder Galaxy Fold 2 baru mendukung refresh rate 60 Hz.

Nah, dukungan refresh rate layar sekunder Galaxy Fold 3 sudah ditingkatkan menjadi 120 Hz sehingga mampu menampilkan animasi visual dengan lebih mulus.

3. Kamera selfie under display (bawah layar)

Baik Galaxy Fold 3 maupun Galaxy Fold 2 sama-sama dibekali lima kamera, yang terdiri dari 3 kamera belakang dan dua kamera selfie.

Bedanya ada di kamera selfie di layar utama. Galaxy Z Fold 3 kini dibekali kamera jenis under display beresolusi 4 MP. Galaxy Z Fold 3 pun sekaligus menjadi ponsel pertama Samsung yang mengusung under display camera.

Menurut pihak Samsung, meski resolusinya kecil, kamera selfie under display ini bisa menghasilkan foto dan video yang bagus, khususnya untuk video call yang menjadi salah satu fungsi utamanya.

Dengan kamera yang disembunyikan di bawah lapisan khusus itu, layar utama Galaxy Z Fold 3 terkesan lebih lega dan tidak terganggu punch hole seperti di Galaxy Z Fold 2. Meskipun, jika diperhatikan dari dekat, kamera under display ini bisa terlihat juga dari permukaan.

Adapun empat kamera lainnya masih sama dengan Galaxy Z Fold 2, mencakup kamera utama  (wide) 12 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), kamera telephoto 12 MP, serta sebuah kamera selfie 10 MP (f/2.2) dalam punch hole di layar sekunder.

4. Dukungan Stylus S Pen

Untuk pertama kalinya, Samsung turut menyertakan dukungan aksesori stylus (pena digital) S di Galaxy Z Fold 3. Dukungan ini sebelumnya absen pada Galaxy Z Fold 2.

Dengan menggunakan S Pen, pengguna dapat mencatat, menggambar, hingga menunjang multitasking sejumlah aplikasi di layar utama (Main Screen) ponsel.

Ada dua jenis S Pen yang didukung ponsel Galaxy Z Fold 3, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro.

Seperti namanya, S Pen Fold Edition hanya bisa dipakai di Galaxy Z Fold3 saja dan tidak dibekali dengan konektivitas Bluetooth. Meski demikian, stylus ini mendukung fitur navigasi Air Command.

Sedangkan, S Pen Pro dibekali dengan konektivitas Bluetooth dan mendukung berbagai perangkat Samsung lainnya, seperti Galaxy Tab, Galaxy 21 Ultra, hingga Galaxy Note Series.

5. Chip dan OS baru

Samsung juga turut membekali Galaxy Z Fold 3 dengan chip dan sistem operasi terkini. Ponsel ini diotaki chip Snapdragon 888 5G dari Qualcomm, dilapisi antarmuka One UI 3.5, dan menjalankan sistem operasi Android 11.

Sementara, Galaxy Z Fold 2 sebelumnya mengandalkan Qualcomm Snapdragon 865, dilapisi antarmuka One UI 2.5, dan menjalankan sistem operasi Android 10.

6. Baterai

Dalam hal kapasitas daya, baterai Galaxy Z Fold 3 sedikit lebih kecil dibandingkan pendahulunya. Namun untuk dukungan fast charging dan wireless charging-nya masih sama.

Galaxy Z Fold 2 ditopang baterai 4.500 mAh, fast charging 25 watt, dan fast wireless charging 11 watt. Sementara, Galaxy Z Fold 3 memiliki baterai 4.400 mAh, fast charging 25 watt, dan fast wireless charging 11 watt.

7. Harga lebih murah

Selain perbedaan spesifikasi, ternyata dari segi banderol harga kedua ponsel ini juga terbilang terpaut jauh.

Saat diluncurkan 11 Agustus lalu, Galaxy Z Fold3 5G varian 12 GB/ 256 GB dibanderol dengan harga Rp 24,9 juta. Lalu varian paling tinggi 12 GB/512 GB dibenderol Rp 26,9 juta.

Sementara itu, ketika dirilis, Galaxy Z Fold 2 dijual seharga Rp 33,8 juta di Indonesia. Ini artinya, Galaxy Z Fold 3 dibanderol lebih murah Rp 8 jutaan dibandingkan pendahulunya itu.

Berikut tabel perbandingan spesifikasi dan harga Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Fold 2 selengkapnya.

Spesifikasi

Galaxy Z Fold 3 5G (2021)

Galaxy Z Fold 2 (2020)

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/15/18070067/membandingkan-fitur-dan-spesifikasi-samsung-galaxy-z-fold-3-vs-z-fold-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke