Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Lebih Murah, Ini Bedanya Samsung Galaxy Z Flip 3 dari Galaxy Z Flip

Ponsel ini diperkenalkan secara berbarengan dengan smartphone lipat lainnya dari Samsung, Galaxy Fold 3, berikut aksesori earphone TWS Galaxy Buds 2 dan arloji pintar Galaxy Watch 4.

Sekilas, Galaxy Z Flip 3 terlihat mirip dengan Galaxy Z Flip. Tapi ada sejumlah perbedaan penting di antara kedua perangkat tersebut yang membuat Galaxy Z Flip 3 jadi lebih menarik. Penjelasannya sebagai berikut.

Harga jauh lebih murah

Menariknya, Galaxy Z Flip 3 kini dibanderol jauh lebih murah, yakni Rp 14.999.000 untuk varian 8 GB/ 128 GB dan 15.999.000 untuk varian 8 GB/ 256 GB. Padahal, Galaxy Z Flip dulu dijual seharga Rp 21.888.000 pada saat peluncurannya di Indonesia.

Dengan kata lain, sebagai ponsel lipat clamshell generasi kedua, harga Galaxy Z Flip 3 berselisih harga nyaris Rp 7 juta dibanding generasi pertama.

Samsung juga memangkas harga Galaxy Z Fold 3 yang dijual seharga Rp 24.999.000 untuk versi 12 GB/ 256 GB dan Rp 26.999.000 untuk versi 12 GB/ 512 GB, sementara Galaxy Z Fold generasi pertama dibanderol Rp 30.888.000 saat pertama kali hadir.

Salah satunya adalah fitur ketahanan terhadap air dengan sertifikasi IPX8. Bersama dengan Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Flip 3 menjadi ponsel lipat pertama yang memiliki fitur ini.

Secara sifik, apabila sedang dibentangkan, ukuran layar utama Galaxy Z Flip 3 sebenarnya identik dengan Galaxy Z Flip, yaitu 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus.

Hanya saja, ponsel lipat terbaru ini mengadopsi panel Dynamic AMOLED 2X (2.640 x 1.080 piksel, 22:9) dengan refresh rate hingga 120 Hz

Karena lebih besar, pengguna pun bisa melihat notifikasi, waktu, widget, dan informasi penting lainnya dengan lebih leluasa.

Selain itu, layar ini juga bisa dipakai sebagai jendela bidik serupa "cermin" ketika melakukan swafoto, serta menampilkan aplikasi Samsung Pay untuk kemudahan bertransaksi

Sisi punggung perangkat ini berlapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus, sementara frame-nya menggunakan Armor Aluminum yang diklaim merupakan frame aluminium terkuat dari Samsung.

Galaxy Z Flip dulu tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Mirror Purple, Mirror Black, dan Mirror Gold. Variasi warna Galaxy Z Flip 3 kini lebih banyak, mencakup Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black.

Selain itu, Samsung turut merilis serangkaian aksesori casing untuk mendampingi Galaxy Z Flip 3. Seperti ponselnya, aksesori-aksesori ini juga terdiri dari beragam pilihan jenis dan warna.

Dapur pacunya kini menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 888 yang lebih bertenaga dibandingkan Snapdragon 855 Plus di perangkat sebelumnya. Kapasitas RAM masih sama, yakni 8 GB, tapi Samsung menambah pilihan storage (UFS 3.1) menjadi 128 GB dan 256 GB.

Spesifikasi lain mencakup baterai 3.300 mAh dengan fast charging 25 watt dan fast wireless charging 11 watt, pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol daya, serta sistem operasi Android 11 berlapis antarmuka One UI 3.5.

Dengan spesifikasi yang lebih canggih, kenapa Galaxy Z Flip 3 justru jauh lebih murah dibandingkan pendulunya?

Menurut Samsung, harga kedua ponsel lipat terbarunya memang sengaja dipangkas untuk membantu agar foldable phone menjadi perangkat mainstream. Dengan demikian, labih banyak pengguna akan merasakan sensasi menggenggam foldable device.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/16/15160027/harga-lebih-murah-ini-bedanya-samsung-galaxy-z-flip-3-dari-galaxy-z-flip

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke