Salin Artikel

Pengalaman Mencoba Stylus S Pen Fold Edition di Galaxy Z Fold 3

Yang terbaru, Galaxy Z Fold 3 pun sekarang memiliki aksesori pendamping bernama S Pen Fold Edition yang khusus dirancang untuk smartphone lipat tersebut.

S Pen ini memiliki fungsi sama dengan aksesori serupa di ponsel Galaxy lain, yakni untuk menulis, menggambar, hingga bernavigasi. Hanya saja, desainnya lain dari yang biasa ditemukan di ponsel Samsung

Paket penjualan Galaxy Z Fold 3 sendiri tidak menyertakan S Pen. Stylus itu mesti dibeli terpisah, dalam paket yang menyatu dengan aksesori lain berupa flip cover yang memiliki tempat khusus untuk menyimpan S Pen.

Berbeda dari Galaxy Note, Galaxy Z Fold 3 memang tak memiliki kompartemen penyimpanan S Pen. Tempat S Pen di flip cover bisa dilepas dengan cara digeser apabila diinginkan.

Perangkat S Pen Fold Edition sendiri berukuran lebih panjang (132,1 mm) dengan diameter lebih besar (7,7 mm) dibandingkan dengan S Pen milik Galaxy Note.

Ini membuatnya menyerupai pena sungguhan dan lebih nyaman saat digunakan dibandingkan dengan S Pen Galaxy Note yang kadang terasa terlalu kurus.

S Pen Fold Edition dapat digunakan selayaknya stylus untuk menulis dan menggambar di layar, serta menjelajah antarmuka ponsel.

Ada sebuah tombol untuk memunculkan menu shortcut Air Command di layar Galaxy Fold yang berisi shortcut sejumlah fungsi, seperti Screen Write dan Smart Select untuk menyeleksi bidang layar yang ingin ditangkap.

Sedikit kekurangannya, S Pen Fold Edition hanya bisa digunakan dengan Galaxy Z Fold 3 saja, tak bisa di ponsel Galaxy lain, termasuk Galaxy Z Flip 3 yang meluncur berbarengan dengan Fold.

Sebabnya, layar lipat di Galaxy Z Fold membutuhkan digitizer khusus. Digitizer merupakan lapisan layar yang berfungsi untuk bisa menerima input dari S Pen.

Fungsinya juga belum secanggih S Pen di Galaxy Note keluaran terbaru yang bisa mengendalikan aplikasi -seperti untuk menekan tombol shutter kamera- dari kejauhan karena terkoneksi ke ponsel dengan Bluetooth.

Ada versi lebih canggih, S Pen Pro

Untuk mereka yang menginginkan pena stylus lebih canggih, Samsung menawarkan alternatif lain berupa S Pen Pro yang dibekali koneksi Bluetooth sehingga bisa mengendalikan aplikasi secara wireless seperti remote control lewat Air Actions.

Selain itu, S Pen Pro memiliki sebuah tombol ekstra untuk mengubah mode stylus saat ingin digunakan dengan perangkat di luar Galaxy Z Fold 3. Jadi, berbeda dari S Pen Fold Edition, S Pen Pro bisa digunakan di perangkat Galaxy lain.

S Pen Fold Edition dan S Pen Pro sama-sama dibekali ujung pena khusus yang mampu mencegah tekanan berlebih agar tidak menimbulkan kerusakan di layar Galaxy Z Fold 3.

Ukuran S Pen Pro lebih besar dibandingkan S Pen Fold Edition, dengan panjang 173,64 mm dan diameter 9,5 mm. Bobotnya juga dua kali lebih berat, yakni 13,8 gram berbanding 6,7 gram untuk S Pen Fold Edition.

S Pen Pro dijual dalam paket khusus yang menyertakan charging case (USB C) untuk mengisi baterainya. Situs Samsung Indonesia memajang S Pen Pro berikut charging case dengan harga Rp 1.499.000.

Sementara itu, Flip Cover with S Pen yang memuat S Pen Fold Edition dibanderol lebih murah, yakni Rp 1.099.000.

Masih penasaran dengan Galaxy Z Fold 3? Penampilan ponsel lipat terbaru Samsung itu dari berbagai sisi dapat dilihat dalam rangkaian foto di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/18/12100087/pengalaman-mencoba-stylus-s-pen-fold-edition-di-galaxy-z-fold-3

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.