Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Windows 10

Sebab, spesifikasi laptop/desktop PC juga bakal menentukan, apakah suatu hardware atau software tertentu bisa berjalan dengannya atau tidak. Lantas bagaimana cara mengecek spesifikasi laptop PC/desktop?

Pengguna bisa mengetahui spesifikasi laptop PC/desktop miliknya lewat beberapa cara, khususnya yang berjalan dengan sistem operasi Windows 10.

Berikut ini adalah cara mengetahui spesifikasi laptop PC/desktop dengan OS Windows 10 tanpa aplikasi tambahan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WindowsCentral, Jumat (20/8/2021).

Kemudian, Anda akan disodori dengan jendela yang menampilkan sejumlah spesifikasi inti dari komputer tersebut.

Bagian "Device specifications" merangkum mencantumkan sejumlah spesifikasi inti komputer, seperti model dan nama komputer, prosesor, RAM, jenis sistem, dan lain sebagainya.

Pengguna pun bisa mengubah nama komputer dengan meng-klik tombol "Rename this PC".

Sementara bagian "Windows specification" merangkum versi OS yang terpasang di komputer, berikut versi dan tanggal pemasangannya.

2. System Information

Cara mengetahui spesifikasi laptop PC Windows 10 yang kedua adalah lewat tools System Information. Fitur ini bisa dipakai untuk melihat spesifikasi komputer lebih rinci.

Untuk mengetahui spesifikasi laptop dengan System Information, Anda cukup mengetikkan keyword "System information" di menu Start dan tekan Enter.

Beberapa saat kemudian, jendela yang menampilkan spesifikasi komputer pun bakal muncul.

Di sini, Anda bisa melihat beberapa spesifikasi teknis terkait spesifikasi laptop PC/desktop Windows 10 Anda, seperti komponen hardware apa saja yang terpasang, model Bios, jenis memori, dan masih banyak lagi.

Untuk merangkum spesifikasi yang sedang dilihat dan menyulapnya menjadi sebuah file teks (ekstensi file ".txt"), Anda bisa meng-klik menu "File" lalu pilih "Export".

Bagaimana cara mengetahui spesifikasi laptop dengan Command Prompt? Anda cukup mengetikkan kata kunci "command prompt" di menu Start Windows 10, klik kanan di program Command Prompt yang muncul dan pilih "Run as administrator".

Kemudian, masukkan perintah "systeminfo" (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.

Tak lama kemudian, aplikasi CMD bakal menampilkan spesifikasi komputer secara detail, seperti informasi memori, bios, sistem, RAM, model komputer, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengetikkan perintah "systeminfo /?" untuk mengetahui perintah lain apa saja yang bisa dimasukkan untuk mengetahui spesifikasi komputer lebih lanjut.

4. PowerShell

Cara mengetahui spesifikasi laptop yang keempat adalah dengan fitur Windows 10 lainnya, yakni PowerShell.

Pada dasarnya, PowerShell mirip dengan Command Prompt. Namun, kemampuan PowerShell lebih mumpuni lantaran bisa memproses bahasa pemrograman.

Fitur PowerShell sendiri bisa diakses dengan memasukkan kata kunci "powershell" di menu Start Windows 10. Lalu, klik kanan di aplikasi "Windows PowerShell" dan pilih "Run as administrator".

Kemudian, ketik perintah "Get-ComputerInfo" di kolom yang tersedia dan tekan Enter.

Setelah itu, PowerShell pun bakal menampilkan sederet spesifikasi komputer Anda. Jika dilihat seksama, tampilannya terlihat mirip dengan apa yang disodorkan oleh aplikasi CMD tadi.

Begitulah cara mengetahui spesifikasi laptop PC/desktop Windows 10.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/20/18210097/cara-mengetahui-spesifikasi-laptop-windows-10

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke