Salin Artikel

Berapa Harga Ganti Layar Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3?

Samsung pun saat ini tengah berupaya memasyarakatkan ponsel layar lipat dengan menerapkan strategi harga yang lebih terjangkau dari ponsel pendahulunya.

Sebagai suksesor dari Galaxy Z Fold 2 dan Galaxy Z Flip, kedua ponsel itu membawa sejumlah peningkatan, baik dari segi desain hingga spesifikasi yang diusung.

Harganya memang lebih murah dari pendahulunya, namun, bagaimana dengan biaya servis kedua ponsel lipat ini, khususnya bagian layar?

Untuk mengganti layar utama di bagian dalam Galaxy Z Fold 3, harga yang dipatok berkisar 480 dollar AS atau sekitar Rp 6,9 juta (kurs Rp 14.400). Sementara layar bagian luar, harganya lebih murah, yakni 150 dollar AS (sekitar Rp 2,1 juta).

Jika ditotal, penggantian seluruh layar Galaxy Z Fold 3 kira-kira menghabiskan dana sebesar Rp 9 juta.

Biaya itu kurang lebih sama dengan servis layar Galaxy Z Fold 2, di mana penggantian layar utamanya mencapai 550 dollar AS dan layar sekunder sebesar 140 dollar AS.

Akan tetapi, jika dibanding Galaxy Z Fold generasi pertama, harga servis layar Galaxy Z Fold 2 dan Fold 3 terhitung lebih murah.

Kala itu, biaya ganti layar Galaxy Z Fold pertama dibanderol 600 dollar AS untuk layar utama dan 140 dollar AS untuk layar sekunder.

Sementara untuk Galaxy Z Flip 3, biaya servis layar bagian dalam dipatok 370 dollar AS (sekitar Rp 5,3 juta). Sedangkan layar sekunder mini berbentang 1,9 inci yang terletak di cangkang atas, biaya servisnya mencapai 100 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta).

Sehingga jika ditotal, reparasi layar Galaxy Z Flip3 akan menghabiskan biaya sekitar Rp 6,7 jutaan.

Harga tersebut lebih murah dibanding Galaxy Z Flip generasi pertama, di mana harga servis layar utama mencapai 500 dollar AS dan 100 dollar AS untuk layar sekunder, sebagaimana KompasTekno himpun dari GSM Arena, Senin (23/8/2021).

Biaya servis di Indonesia?

Harga di atas merupakan patokan biaya servis layar ponsel lipat Samsung di Amerika Serikat. Lantas, bagaimana di Indonesia?

Dari pantauan KompasTekno di situs resmi Samsung Indonesia, belum tersedia harga suku cadang penggantian layar Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3.

Sebagai gambaran, servis layar Galaxy Z Fold generasi pertama untuk layar utama dan layar luar masing-masing seharga Rp 8,6 jutaan dan Rp 1,4 jutaan.

Sementara untuk Galaxy Z Fold 2, harga penggantian layar utama dibanderol Rp 7,9 jutaan dan Rp 1,4 jutaan untuk layar sekunder.

Untuk Galaxy Z Flip generasi pertama, servis layar utamanya menghabiskan biaya sebesar Rp 6,9 jutaan dan layar sekunder membutuhkan dana sekitar Rp 802.000.

Kendati demikian, pembeli di Indonesia tak perlu khawatir apabila perangkat mengalami kerusakan. Pasalnya, Samsung memiliki layanan perlindungan Samsung Care+.

"Dengan nilai perlindungan perbaikan Samsung Care+ hingga Rp. 26.999.000 atau 1 kali dari harga pembelian HP, pengguna Galaxy Z Fold 3 5G tidak perlu khawatir lagi apabila ada kerusakan fatal seperti produk rusak, layar pecah, atau kerusakan lainnya saat penggunaan, baik disengaja maupun tidak disengaja," ungkap Selvia Gofar, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia kepada KompasTekno.

Jika mengalami kerusakan, pengguna Galaxy Foldable cukup menelpon ke hotline Samsung Care+ atau memasukkan permintaan perbaikan di https://id.careplus.co.

Selain itu, jika melihat tren di Amerika Serikat, harga servis layar ponsel lipat Galaxy Z Fold dan Z Flip menurun dari tahun ke tahun. Begitu pula di Indonesia, di mana harga suku cadang layar Galaxy Z Fold sedikit menurun dari generasi ke generasi.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/23/10290077/berapa-harga-ganti-layar-ponsel-lipat-samsung-galaxy-z-fold-3-dan-z-flip-3

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.