Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Kirim Pesan Hilang Otomatis di Facebook Messenger

Namun, ada kalanya, pengguna perlu mengirim pesan bersifat sensitif, pribadi, atau rahasia, dan tak ingin pesan tersebut tersimpan selamanya di riwayat percakapan.

Nah, sebagian besar aplikasi perpesanan instan sudah membekali layanannya dengan fitur "disappearing messages" alias pesan yang bisa hilang secara otomatis.

Di Facebook Messenger sendiri, pengguna bisa mengirim pesan yang bisa hilang otomatis melalui fitur "Secret Chat" (percakapan rahasia).

Jadi, pengguna tak perlu repot-repot menghapus pesan "rahasia" satu per satu dari riwayat obrolan.

Di Secret Chat, pengguna bisa menyetel lama waktu (durasi) pesan akan menghilang dari ruang obrolan setelah dilihat pengguna, yakni mulai dari 5 detik, 10 detik, 30 detik, 1 menit, 5 menit, 10 menit, 30 menit, 1 jam, 6 jam, 12 jam, hingga 1 hari.

Misalnya, saat pengguna memilih durasi 1 menit, maka pesan yang dikirim menggunakan fitur "disappearing messages" ini akan otomatis menghilang dalam kurun waktu 1 menit sejak dilihat oleh penerima pesan.

Bila sudah diaktifkan, maka pengguna bisa leluasa mengirim pesan hilang otomatis di Secret Chat. Sebaliknya, bila penerima pesan belum mengaktifkan Secret Chat, maka pesan tidak dapat dikirim.

Selain bisa berkirim pesan yang bisa hilang otomatis, Secret Chat yang dirilis sejak 2016 ini juga sudah dibekali dengan lapisan keamanan enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end encryption, E2EE).

Dengan begitu, pengguna bisa melakukan percakapan rahasia dan dijamin tidak bisa disadap oleh pihak mana pun, termasuk Facebook itu sendiri.

Berikut cara kirim pesan hilang otomatis melalui fitur "Secret Chat" di Facebook Messenger:

Dengan begitu, pesan yang dikirim tadi akan hilang dari ruang obrolan Facebook Messenger sesuai durasi yang telah diatur oleh pengguna sebelumnya.

Selamat mencoba!

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/23/19150077/cara-kirim-pesan-hilang-otomatis-di-facebook-messenger

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke