Salin Artikel

Oppo MagVOOC, Teknologi Cas Nirkabel Pesaing MagSafe Apple

Misalnya seperti Apple yang merilis MagSafe, Realme dengan MagDart, dan Xiaomi dengan wireless charging pad.

Tak ingin ketinggalan, Oppo juga mengungkap rangkaian teknologi pengisian daya cepat magnetis (magnetic flash charging) dengan brand MagVOOC, yang mirip dengan MagSafe Apple dan MagDart Realme.

Ada tiga konsep produk MagVOOC yang diungkap Oppo dalam acara China International Smart Industry Expo 2021, baru-baru ini. Ketiganya adalah MagVOOC ultra-thin flash charger, MagVOOC wireless power bank, dan MagVOOC wireless flash charging stand.

Tiga produk MagVOOC

Pertama, Oppo memperkenalkan MagVOOC ultra-thin flash charger yang mengadopsi desain terpisah antara pemancar coil dan mainboard, sehingga membuat pengisi daya ini tampil lebih tipis.

Desain terpisah ini juga disebut dapat mencegah panas yang dihasilkan oleh papan utama ikut berpindah ke smartphone. Dengan begitu, panas tidak akan berpengaruh pada kecepatan pengisian daya.

Desain ini berbeda dengan teknologi pengisian daya nirkabel magnetik MagDart dari Realme, yang membutuhkan kipas untuk membuang panas.

Power bank MagVOOC dapat mendukung pengisian nirkabel (wireless charging) dengan daya 20W dan pengisian kabel (wired charging) berdaya 10W. Power bank ini disebutkan dapat mengisi baterai ponsel 4.500 mAh hanya dalam waktu dua jam.

Meski demikian, Oppo tidak menjelaskan dengan spesifik ponsel tersebut diisi dengan opsi wireless/wired charging dan tidak menjabarkan berapa persen daya ponsel yang berhasil diisi dalam kurun waktu tersebut.

"Desain kedua perangkat (MagVOOC powerbank dan ultra-thin flash charger) yang tipis, membuatnya mudah dibawa pengguna," kata Oppo dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (24/8/2021).

Namun, bila pengguna menempelkan smartphone secara horizontal ke stand tersebut, ponsel akan otomatis melakukan pengisian daya nirkabel.

Untuk saat ini, Oppo belum mengungkapkan rincian kehadiran ketiga produk magnetic flash charging MagVOOC di pasaran.

Namun menurut rumor dari pembocor gadget kenamaan asal China, Digital Chat Station, belum ada rencana produksi masal dari produk MagVOOC dalam waktu dekat ini, sebagaimana dihimpun dari GizmoChina.

Teknologi VOOC khas Oppo

Nama "VOOC" pada MagVOOC menunjukkan bahwa teknologi pengisian daya nirkabel magnetis baru ini masih menggunakan teknologi isi ulang baterai cepat VOOC Flash Charge khas Oppo.

Teknologi VOOC ini sendiri diluncurkan Oppo pada 2014 lalu, dan hingga saat ini sudah diadopsi oleh lebih dari 30 model smartphone Oppo.

Seiring berjalannya waktu, Oppo memperbarui teknologi tersebut dengan beberapa versi, masing-masing dengan daya pengecasan yang berbeda, mulai dari VOOC 2.0 (20W), VOOC 3.0 (25W), VOOC 4.0 (30W), SuperVOOC (50W), SuperVOOC 2.0 (65W), dan 125W Flash Charge (125W).

Selain dipakai oleh Oppo, teknologi pengecasan cepat ini sebetulnya sudah dilisensikan ke perusahaan smartphone lain yang berafiliasi dengan Oppo, yakni Realme dan OnePlus.

Namun, di kedua vendor tersebut, VOOC Flash Charge berganti nama menjadi Dart Charge dan Dash/Warp Charge.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/24/17340057/oppo-magvooc-teknologi-cas-nirkabel-pesaing-magsafe-apple

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.