Salin Artikel

11 Tips untuk TikTok, dari Cara Bikin Slide hingga Duet dan Lipsync

KOMPAS.com - TikTok kini menjadi salah satu media sosial yang digandrungi banyak kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa.

Fitur TikTok pun bisa dibilang cukup beragam, seperti Live Streaming, Duet, Stitch, hingga TikTok Shop yang memudahkan pengguna untuk berbelanja di dalam aplikasi.

Bagi Anda yang belum terbiasa atau baru mulai menggunakan TikTok, tentunya beberapa fitur dalam aplikasi ini harus diketahui terlebih dahulu.

Nah, berikut ini adalah 11 tips menggunakan aplikasi TikTok yang bisa dicoba, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Make Use Of, Rabu (26/8/2021).

Bagi Anda yang ingin menjaga privasi akun Tiktok, Anda bisa mengubahnya ke mode Privat. Caranya sebagai berikut:

  • Klik ikon (+) di bagian tengah bawah, lalu pilih opsi apakah ingin merekam video atau mengambil dari galeri ponsel.
  • Jika ingin mengunggah video dari galeri ponsel, Anda cukup meng-klik opsi "Upload" yang ada di pojok kanan bawah.

    Selain mengunggah konten video, Anda juga bisa membuat kreasi slide foto yang nantinya akan muncul sebagai tayangan slide. Langkah-langkahnya adalah:

    Bagi Anda yang tidak sengaja mengunggah video yang salah, Anda bisa menghapus video tersebut dari akun TikTok. Caranya:

    Ingin membuat animasi GIF dari video TikTok yang Anda suka? Caranya gampang:

    • Pilih video yang Anda kehendaki, lalu buka video tersebut.
    • Setelah itu, klik tombol panah (Share) yang berada di bagian kanan bawah. Selanjutnya, pilih opsi "Share as GIF" untuk menjadikan video tersebut sebagai animasi GIF.
    • Di halaman berikutnya, Anda bisa mengatur durasi animasi GIF sesuai keinginan. Saat semua tahapan selesai, klik tombol "Generate" untuk menyimpan hasilnya.

      Bagi Anda yang ingin mengunduh video TikTok, langkah-langkahnya sebagai berikut:

      • Buka video yang Anda kehendaki, lalu klik tombol panah (Share) yang berada di bagian kanan bawah. Selanjutnya, pilih opsi "Save Video" pada menu yang tersedia.
      • Tunggu hingga proses download video selesai. Jika sudah 100 persen, nantinya video tersebut akan tersimpan di galeri ponsel Anda secara otomatis.

        Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan apabila ingin menjadikan lagu yang dipakai oleh pengguna lain sebagai backsound untuk video Anda:

        TikTok memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan lipsync secara mulus. Bagi Anda yang sering keliru alias sulit mencocokan kata-kata yang diucapkan saat lipsync, ada tips yang bisa Anda coba:

        • Manfaatkan tools editing di TikTok untuk mencocokan suara asli Anda dengan video lipsync tersebut. Caranya, klik tombol "Sound" yang ada di bagian bawah.
        • Kemudian, pilih ikon gunting (Cut) yang sejajar dengan menu "Favorites". Nantinya akan muncul halaman di mana Anda bisa menyunting klip lagu tersebut.

          TikTok memiliki fitur bernama Duet yang memungkinkan penggunanya dapat "berkolaborasi" dengan pengguna lainnya. Fitur ini dapat menggabungkan video dari pengguna lainnya ke dalam satu konten yang sama, misalnya ketika ingin melakukan lipsync bersama. Caranya:

          Saat Anda membuat akun TikTok baru, Anda secara otomatis mendapatkan kode QR yang akan tertaut ke profil Anda. Kode QR ini memudahkan teman Anda apabila ingin mengikuti (follow) akun TikTok Anda. Kode QR bisa dilihat dengan cara berikut:

          • Buka profil Anda, lalu klik ikon tiga titik di pojok kanan atas. Selanjutnya, pilih opsi "QR Code".
          • Setelah di-klik, nantinya Anda akan melihat kode QR akun Anda.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/25/10090067/11-tips-untuk-tiktok-dari-cara-bikin-slide-hingga-duet-dan-lipsync

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.