Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Langka, Gimbot "Donkey Kong" Edisi Khusus Laku Rp 131 Juta

Game & Watch yang terjual kali ini merupakan konsol edisi khusus, yang diproduksi dalam jumlah terbatas pada tahun 1982, untuk memperingati penjualan "gimbot" yang menembus angka 20 juta unit.

Bedanya dengan seri reguler, Game & Watch edisi khusus ini memiliki desain yang unik. Bagian depan konsol dilapisi plakat logam dengan gambar ilustrasi tiga tokoh petinggi Nintendo, yakni Gunpei Yokoi, Hiroshi Momose, dan Naoto Ishida.

Untuk game yang disertakan dalam konsol ini adalah "Donkey Kong", game yang menampilkan petualangan karakter gorila bernama Donkey Kong.

Game & Watch hadir sebagai salah satu seri konsol genggam yang populer di tahun 1980-an. Konsol bikinan Nintendo ini terdiri dari sebuah layar LCD dan sejumlah tombol yang dilengkapi dengan jam serta alarm.

Tidak diketahui secara pasti berapa banyak jumlah konsol Game & Watch edisi khusus yang telah diproduksi. Konon, jumlahnya disebut hanya tiga hingga 50 unit, menurut John Hardie selaku Direktur National Video Game Museum di Frisco, Texas.

"Mungkin ada 50 konsol yang sudah diproduksi? Jika saya harus menebak, saya akan mengatakan ada lebih dari tiga yang dibuat (satu untuk masing-masing orang yang tertera di plakat), tetapi sekali lagi, itu hanyalah sebuah tebakan," ungkap Hardie.

Untuk sebagian orang, konsol game retro merupakan jenis barang langka yang masih layak untuk dikoleksi. Tingginya nilai jual yang dimiliki konsol ditaksir berdasarkan tingkat kelangkaan dan kualitas yang dimiliki game.

Salah satu game retro yang cukup populer untuk dikoleksi adalah seri game dari Nintendo. Beberapa waktu lalu, "kaset" game Super Mario 64 laku terjual dengan harga mencapai 1,56 juta dollar AS (sekitar Rp 22,6 miliar).

Sementara satu buah kopi game Legend of Zelda berhasil dijual dengan harga 870.000 dollar AS (sekitar Rp 12,5 miliar), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Rabu (25/8/2021).

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/25/10320057/langka-gimbot-donkey-kong-edisi-khusus-laku-rp-131-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke