Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Meet Akan Beritahukan Pengguna jika Suaranya Bergema

Salah satu masalah audio yang kerap ditemui pengguna ketika melakukan rapat virtual adalah suara bergema (echoing). Saat audio bergema, suara pengguna akan memantul setelah selesai diucapkan, sehingga menciptakan suara yang saling tumpang tindih.

Sayangnya, pengguna biasanya kesulitan mendeteksi bila suaranya bergema saat rapat. Jadi kebanyakan, pengguna akan diberitahu oleh peserta rapat lainnya bahwa audionya bergema.

Untuk mengatasi masalah itu, Google selaku pemiliki platform video conferencing Meet, meluncurkan fitur baru yang dapat memberitahu pengguna secara otomatis bila terdeteksi masalah audio bergema.

Fitur baru ini berupa notifikasi dengan pesan berbunyi "You're causing echo" yang muncul dengan tanda titik merah pada ikon titik tiga vertikal.

Di laman Help Center, pengguna bisa mendapatkan tiga rekomendasi untuk mengatasi gema ketika rapat Google Meet. Cara mengurangi gema atau echo saat telekonferensi yang disarankan Google adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan headset
  • Mengecilkan suara volume speaker
  • Mute audio saat tidak berbicara

Fitur baru untuk mendeteksi echo akan aktif (on) secara default untuk seluruh pengguna akun Google, termasuk pelanggan Google Workspace, G Suite Basic dan Business.

Google mengatakan, fitur notifikasi untuk mencegah masalah audio echo pada Google Meet ini sudah mulai disalurkan secara bertahap mulai 23 Agustus hingga 15 hari ke depan.

Pengguna Google Meet akan mulai melihat notifikasi ini bila terdeteksi masalah gema pada audionya dalam waktu dekat.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/25/12350087/google-meet-akan-beritahukan-pengguna-jika-suaranya-bergema

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke