Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PUBG Mobile dan Lokapala Dipertandingkan di PON XX Papua

Dengan begitu, akan ada empat game yang dipertandingkan di PON XX Papua yaitu Free Fire, Mobile Legends, eFootball PES 2021, serta PUBG Mobile.

Ketua Harian PBESI, Komisaris Jenderal Pol. Bambang Sunarwibowo mengatakan bahwa kehadiran PUBG Mobile di PON XX Papua, merupakan buah hasil dari tingginya aspirasi komunitas game tersebut.

Selain PUBG Mobile, game Lokapala buatan Indonesia juga akan dimainkan di ajang olahraga tersebut.

Sebagai informasi, Lokapala merupakan game multiplayer online battle arena (MOBA) buatan studio game Anantarupa Studio.

Kendati demikain, game Lokapala hanya akan dimainkan dalam pertandingan persahabatan saja. 

"Masuknya Lokapala sebagai friendly match turnamen atau laga persahabatan pada ekshibisi PON XX Papua tak lepas dari aspirasi dan antusiasme dari gamers e-sports yang ingin game lokal tersebut dihadirkan," ujar Bambang, dikutip KompasTekno dari AntaraNews, Selasa (25/8/2021).

Menurut Ade, adanya Lokapala di gelaran tersebut sesuai dengan peraturan KONI, di mana tuan rumah harus mengedepankan cabang olahraga atau disiplin olahraga asli dan asal Indonesia.

"Kami harapkan setelah penyelenggaraan, akan melahirkan atlet-atlet yang akan menjadi wakil Indonesia dan mampu berkompetisi di level yang lebih tinggi," tutur Bambang.

"Semoga ini menjadi titik awal yang baik buat industri game Indonesia supaya bisa berkarya lagi di Indonesia, di regional Asia Tenggara, dan di dunia," imbuh CEO Anantarupa, Ivan Chen.

Pertandingan persahabatan Lokapala akan dijalankan dalam format turnamen nasional.

Pendaftaran babak kualifikasi sendiri sudah dibuka pada 22 Agustus 2021 di platform Garudaku.com.

Untuk mempermudah komposisi tim, PBESI memperbolehkan satu tim berasal dari provinsi yang berbeda-beda. Hal ini diterapkan demi mempermudah komposisi tiap anggota dalam sebuah tim.

Nantinya, pertandingan persahabatan Lokapala sendiri akan berlangsung pada 6-7 September dan para finalis akan diberangkatkan ke Papua untuk memperebutkan total hadiah Rp 200 juta.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/25/18020047/pubg-mobile-dan-lokapala-dipertandingkan-di-pon-xx-papua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke