Salin Artikel

Ini Makna Huruf "i" di iPhone dan iMac

Smartphone ini pertama kali diperkenalkan oleh Apple pada 2007. Salah satu keunikan ponsel ini adalah namanya yang diawali dengan huruf "i" yang selalu dituliskan dalam huruf kecil.

Bila diperhatikan, sekarang huruf "i" kecil ini juga sudah seperti menjadi ciri khas produk gadget, komputer, hingga layanan keluaran Apple. Sebab, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs itu juga menamai produk lainnya dengan awalan huruf "i" kecil.

Mulai dari pemutar musik iPod, tablet iPad, toko online untuk membeli lagu iTunes, sistem operasi iOS, hingga penyimpanan awan iCloud. Lalu apa sebenarnya makna dari huruf "i" kecil pada iPhone dan produk lain yang tergabung dalam ekosistem Apple itu?

Bermula dari iMac

Sebenarnya, penggunaan huruf "i" kecil pada iPhone dan produk Apple lainnya bermula dari penamaan komputer iMac pertama, yaitu iMac G3 yang diperkenalkan pada 6 Mei 1998.

 Jobs sempat ingin menamai komputer iMac pertama itu dengan nama "MacMan". Tapi nama tersebut tak jadi dipakai berkat ide nama "iMac" dari Ken Segall, yang kala itu menjabat sebagai direktur kreatif biro iklan yang bertanggung jawab pada produk Apple.

Dalam sebuah video presentasi perkenalan iMac G3, Jobs mengatakan bahwa komputer iMac ini lahir dari hasil perkawinan antara kegembiraan akan hadirnya internet dan kesederhanaan dari Macintosh.

"Kami menargetkan komputer iMac untuk penggunaan nomor satu, sesuai permintaan konsumen yang menginginkan komputer yang dapat mengakses internet dengan sederhana dan cepat," kata Jobs.

Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa huruf "i" pada penamaan komputer iMac itu mengacu pada internet. Tapi penjelasan soal makna di baliknya tak berhenti di situ.

Bukan hanya bermakna internet

Jobs juga mengungkapkan huruf "i" pada nama komputer iMac G3 ini merepresentasikan empat hal lainnya, yakni individual (perorangan), instruct (instruksi), inform (informasi), dan inspire (inspirasi).

"Pertama, kami adalah perusahaan komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan perorangan, dan produk iMac G3 telah lahir untuk terhubung ke jaringan internet," kata pendiri Apple yang telah meninggal pada 2011 lalu itu.

Karena sudah terhubung dengan internet, komputer iMac G3 diharapkan dapat mengakomodir sebagian besar instruksi dari pengguna, termasuk untuk memperoleh sumber informasi melalui internet.

"Kami juga berharap ketika Anda melihat komputer iMac G3, ini akan menginspirasi kita semua untuk membuat produk yang lebih baik lagi di masa depan," kata Jobs.

Sejak saat itu, Jobs mulai menggunakan huruf "i" untuk menamai produk Apple lainnya, termasuk iPhone, iPod, iPad, iCloud, iTunes, dan lainnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari iPhoneJD, Kamis (26/8/2021).

Meskipun arti dari huruf "i" sudah terjawab, tidak ada informasi yang menjelaskan mengapa Apple memilih menggunakan huruf "i" kecil untuk mengawali nama produknya, alih-alih menggunakan huruf kapital sesuai tata cara penulisan pada umumnya.

Simak video presentasi dari pendiri Apple Steve Jobs saat memperkenalkan komputer iMac G3 pada 1998 di YouTube melalui tautan ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/27/08090057/ini-makna-huruf-i-di-iphone-dan-imac

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.