Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Pencarian Instagram Bakal Mirip TikTok

Konten foto dan video dari hasil pencarian akan ditampilkan dalam format grid di tab "Top", dengan bentuk yang mirip seperti tiles aplikasi di Windows.

Menurut Instagram, search model baru tersebut akan mempermudah pengguna ketika ingin melakukan pencarian tentang suatu topik, tapi belum mengetahui hashtag atau akun mana yang hendak ditelusuri.

"Perubahan ini bakal membuat Instagram Search jadi lebih dari sekadar alat untuk mencari akun dan tagar," tulis kepala Instagram Adam Mosseri dalam sebuah posting blog di situsnya.

"Misalnya, ketika Anda mencari soal 'space (ruang angkasa)', maka foto dan video yang terkait (dengan tema ruang angkasa) akan ditampilkan juga," lanjut Mosseri, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (29/8/2021).

Menurut Mosseri, pencarian konten foto dan video lewat Instagram Search ini untuk tahap awalnnya akan berlaku untuk kata kunci dalam bahasa Inggris. Dia menjanjikan dukungan untuk bahasa lain akan ditambahkan di kemudian waktu.

Belum diungkapkan kapan fitur ini akan mulai diimplementasikan sehingga pengguna Instagram akan mulai bisa melihat posting foto dan video di hasil pencariannya.

Mosseri turut menjelaskan mekanisme pencarian Instagram yang menurut dia disusun berdasarkan relevansi terhadap pengguna.

Ada tiga kriteria yang dipakai untuk menentukan tingkat relevansi tersebut, yakni kesesuaian dengan kata kunci pencarian, aktivitas pengguna seperti akun dan hashtag mana saja yang diikuti, serta popularitas suatu akun, tagar, atau tempat.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/29/14050037/hasil-pencarian-instagram-bakal-mirip-tiktok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke